Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

Manfaat Honje untuk Kesehatan yang Biking Geleng-Geleng Kepala

/
95 Views

Manfaat Honje untuk Kesehatan – Pernahkah anda menikmati sambal honje? Atau setidaknya pernahkah anda mendengar kata “HONJE”? ya tumbuhan yang terkategori tanaman remah ini memang tak banyak diketahui secara komprehensif. Hal itu disebabkan karena istilahnya berbeda-beda. Dalam bahasa Indonesia tanaman ini disebut Kecombrang.

Sayangnya, meski tanaman kecombrang ini dikenal dalam khazanah perbahasaan Indonesia, namun pemanfaatannya masih minim. Biasanya, mereka mengenal tanaman ini hanya sekedar untuk dimanfaatkan kembangnya, sementara batangnya sama sekali tidak dimanfaatkan. Padahal kalau di daerah pandeglang, tanaman yang memiliki istilah ilmiah Etlingera Elatior ini dapat dibuat sambal.

Sambal Honje Pandeglang

manfaat buah honje
tanaman honje

 

Sambal yang terbuat dari Honje/kecombrang memang memiliki kekhasan tersendiri. Siapa pun yang mencobanya niscaya akan ketagihan. Meski demikian, kadang ada juga yang lidahnya butuh adaptasi. Artinya, mungkin pertama kali mencicipi mereka nggak begitu merasa lezat, lelati ketika mencoba kedua kalinya, lidah mereka langsung merasa makyus.

Apalagi kalau menikmati sambal honje ini disertai dengan menu ikan segar yang dibakar. Uuuh, saya tidak bisa membahasakan betapa lezatnya sambar tersebut. Kami sendiri mengenal sambal honje dari orang tua kami, dan sambal ini nyaris tidak dikenal di tempat-tempat lain selain Pandeglang. Karena itu, barangkali sambal honje ini bisa dikategorikan sambel khas pandeglang.

Mengapa min berkata demikian? Karena setelah min jelajahi dunia maya, jarang ada yang menulis resep sambel honje. Meskipun ada, bentuknya sangat berbeda dengan sambal honje Pandeglang. Nah, pada tulisan ini min akan kupas cara membuat sambal honje pandeglang dan juga mengupas manfaat honje untuk kesehatan. Min mulai dari yang kedua dulu ya.

Manfaat Honje untuk Kesehatan

tanaman honje
batang honje

Sebelum membahas manfaatnya, min ingin sampaikan beberapa kandungan zat dari tanaman rempah yang legendaris ini. kandungan-kandungan zat inilah yang memiliki korelasi dengan kesehatan yang super banged dah. Di antara beberapa kandungan zat itu adalah sebagai berikut :

READ  1001 Manfaat Rempah-Rempah Temu Kunci yang Tak Banyak Diketahui

1. Protein
2. Karbohidrat
3. Lemak
4. Zat besi
5. Serat
6. Kalsium
7. Kalium
8. Flavonoid
9. Vitamin C
10. Saponin

Kandungan kandungan di atas memiliki manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat di atasi dengan mengkonsumsi honje. Pasalnya tanaman remah ini memiliki serat yang baik. perlu kita tahu bahwa kolesterol jahat merupakan pangkal penyakit-penyakit bergengsi seperti tekanan darah tinggi dan juga penyakit setroke. Jadi, kalau anda konsumsi honje yang murah ini, anda akan sehat dengan cara alami.

2. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kekurangan cairan dalam tubuh seseorang. Hal ini terjadi karena ia tidak memiliki pasokan air yang cukup dalam tubuhnya. Agar terhindar dari penyakit demikian, cobalah anda konsumsi honje terutama kembangnya. Caranya cukup unik, ambil kembang tanaman ini lallu dibuat jus sebagaimana jus-jus lain, lalu diminum.

3. Baik untuk Kekuatan Tulang

Terutama bagi pekerja keras yang sering mengangkat benda-benda berat, biasanya tulang mengalami pengeroposan lalu mudah membungkuk. Hal ini terjadi lantaran tulang tidak memiliki kekuatan maksimal untuk menanggung beban seberat itu. Untuk mengatasinya, cobalah anda konsumsi honje dengan disertai olah raga teratur. Dijamin, tulang anda tercegah dari osteoporosis atau penyakit tulang.

4. Membersihkan Pembuluh Darah

Kandungan zat besi dalam honje memiliki manfaat yang baik untuk membersihkan system peredaran. Hal ini terjadi Karen zat besi tersebut memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga secara otomatis saluran darah pun akan lancar dan sirkulasinya pun akan menjadi bersih.

5. Membantu Menghilangkan Bau Amis

Tak sekedar untuk kesehatan, honje juga bisa digunakan sebagai penetralisir dari makanan-makanan yang memiliki bau amis menyengat. Aroma wangi honje yang menusuk-nusuk hidung bisa mengalihkan bau tak sedap pada makanan lain. Akhirnya, anda pun tetap enjoy menikmati berbagai masakan.

READ  Manfaat Minyak Serah Wangi untuk Kesehatan

6. Melancarkan Produksi ASI

Bagi para Mahmud, ASI sangat penting untuk kesehatan bayi anda. namun, terkadang ASI ini menjadi masalah lantaran payudara tidak mengeluarkan cairan tersebut. Akhirnya, si bayi pun harus rela nyusu di dotan. Itu pun kalau susu bisa disedot dengan alat bantu. Kalau tidak, akhirnya harus nyusu susu kemasan.

Untuk mengatasi kekeringan payudara tersebut anda bisa melakukannya dengan sarana buah honje. Jika dikonsumsi secara teratur sesuai porsinya nanti ASI anda akan lancar.

7. Mencegah Gizi Buruk

Kekurangan kalium akan menyebabkan kurang maksimalnya penyerapan gizi oleh tubuh. Akhirnya seseorang akan menderita gizi buruk. Untuk mengatasinya anda bisa menkonsumsi honje secara teratur karena tanaman ini memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh anda.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangat dipengaruhi oleh faktor kalium. Jika asupan kaliumnya tinggi, berarti jantung akan sehat karena proses penyerapan gizi dalam tubuh berjalan dengan baik. selain itu, serat yang ada dalam honje juga akan membantu membentuk tubuh menjadi ideal. Akhirnya tubuh ideal dan jantung pun sehat.

9. Mencegah Anemia

Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah dapat diatasi dengan zat besi. Nah, zat besi ini banyak terkandung di tumbuhan honje. Jadi ketika anda mengkonsumsi honje baik dengan cara dibuat sambal atau apa pun itu, berarti sel darah merah dalam sumsun tulang akan menjadi lebih baik.

10. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang cukup banyak dalam honje memiliki dampak positif dalam melancarkan system pencernaan tubuh. Itu berarti proses peleburan makanan berjalan dengan baik sehingga sari-sari makanan akan diserap dengan baik oleh usus. Secara bersamaan pula berarti BAB anda akan semakin lancar.

READ  10 Masakan Khas Sunda Paling Lezat Nomor Terakhir Bikin Kamu Jatuh Cinta

Selain kesepuluh manfaat di atas masih ada beberapa manfaat lagi untuk kesehatan tubuh anda. misalnya honje dapat membantu meningkatkan fungsi otak, dapat menurunkan resiko kanker, dapat meningkatkan kesehatan gigi, dapat dijadikan sumber energy untuk diet, untuk memaksimalkan fungsi imunitas tubuh, mengobati penyakit kulit dan sebagainya.

Cara Membuat Sambal Honje

resep membuat sambal honje
sambal honje/kecombrang pandeglang

Bahan

1. Batang honje yang masih muda
2. Cabe
3. Garam
4. Mecin
5. Tomat
6. Asem

Resep Membuat Sambal Honje

1. Rebus batang honje muda atau dibakar
2. Masukan ke ulekan
3. Tambah garam, cabek dan bahan-bahan di atas
4. Ulek sampai halus
5. Selesai

Setelah itu silahkan aduk dengan ikan bakar baik ikan mas atau pun ikan laut. Oya, untuk batang honje sendiri bisa dibakar, direbus atau pun lansung ditumbuk mentah-mentah. Bedanya, kalau masih mentah rasanya sangat tajem alias nendang. Kalau dimasak, rasanya agak berkurang. Anda boleh cara yang mana saja. selamat mencoba!

BACA JUGA :

♥ Bunga Lavender Tanaman Pengusir Nyamuk Bikin Mereka Lari Terbirit-Birit

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar