Manfaat Getah Katilayu | Mitos, Harga, Proses Pembentukan, Nilai, Lengkap

Getah Katilayu adalah getah yang berasal dari tumbuhan Katilayu. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Cirebon seperti Cidadap, Balong Salak, Beberan, Lebankngok dan Jatipranje. Meskipun getah ini banyak dikenal orang, tetapi cara memperolehnya cukup sulit. Terkadang meskipun sudah disadap tetapi tanaman ini tidak mengeluarkan getah.

Karena sulitnya memperoleh getah, wajar jika harganya pun sangat mahal. Lebih dari itu, getah ini juga akhirnya dikenal memiliki karismatik yang hanya bisa diambil oleh orang-orang yang memiliki kekuatan supranatural alias orang sakti.

Makanya, orang awam jarang bisa mendapatkan getah Katilayu. Tapi ingat, ini hanya sekedar cerita or mitos yang ada di Masyarakat, bisa benar bisa tidak. Anda sendiri boleh percaya boleh juga tidak. Yang penting selama ada informasi, yang paling bijaksana adalah meneliti, bukan menghakimi.

Bentuk Getah Katilayu

Meskipun namanya getah, tetapi getah katilayu lebih banyak digunakan dalam bentuk batu sebagai hasil pengerasan getah tersebut. Biasanya getah ini mengendap selama waktu tertentu, mungkin ratusan tahun, lalu mengeras dan menjadi batu yang mengkilap. Inilah yang disebut batu Getah Katilayu.

Kalau memang prosesnya demikian, maka sangat wajar jika tak banyak orang yang bisa menemukan batu getah katilayu ini. Wajar pula jika ada rumor dan mitos di masyarakat kalau batu getah katilayu memiliki kesaktian. Mengapa? Karena masyarakat memang memiliki tabiat menaruh rasa kagum pada hal-hal yang sulit, ajaib, dan proses tahunan.

getah katilayu

getah pohon katilayu

Selain dalam bentuk batu, getah katilayu juga bisa dibentuk minyak. Yaitu dengan cara mencampurkan getah katilayu dengan jenis minyak lainnya seperti minyak nabati murni atau saripati lainnya termasuk saripati bunga.

Cincin Batu Getah Katilayu

cincin getah katilayu

cincin getah katilayu

Seperti yang kami sampaikan di atas, bentuk getah katilayu ada yang berupa batu dan ada yang berupa minyak. Adapun yang berupa batu, biasanya digunakan untuk cincin untuk dipasang di jemari. Cincin dari batu ini memiliki warna yang bagus berupa coklat ke merah-merahan. Tetapi berbeda dengan batu getah katilayu Kalimantan, warnanya lebih hitam kecoklatan.

Harga Cincin Batu Getah Katilayu

getah katilayu

cincin getah katilayu

Jika anda termasuk penyuka cincin batu-batuan, ada baiknya anda mencoba cincin getah katilayu ini. di samping karismanya yang dikenal punya kesaktian, batu ini juga memiliki gengsi dalam konteks ekonominya. Sebab harga batu getah katilayu asli yang super bisa mencapai Rp. 5.000.000 sd Rp. 7.000.000 an. Adapun yang asli tapi biasa harganya sekitar Rp. 200.000 sd Rp. 500.000 an.

BACA : Manfaat Getah Pohon Damar untuk Industri yang Menakjubkan

Manfaat Batu Getah Katilayu

manfaat batu katilayu

manfaat batu getah katilayu

Karena dianggap memiliki kesaktian, maka batu ini diyakini memiliki sejumlah manfaat bagi pemiliknya. Di antara manfaat itu adalah sebagai berikut :

1. Untuk Ajimat Memancing Ikan

Jika anda termasuk penghobi mancing, mungkin ada mengenal bahwa ada orang-orang tertentu yang begitu mudah mendapatkan ikan ketika mancing. Nah, batu getah katilayu ini diyakini sebagai salah satu jimat yang bisa mendatangkan ikan-ikan ke pancingan anda. jadi boleh dikata cincin batu getah katilayu ini adalah pelet agar ikan kelepek-kelepek kepada anda.

Cara kinerjanya seperti apa?

Pertama anda gunakan cincin ini di jemari anda ketika hendak memancing ikan. Ketika sampai di danau atau sungai, silahkan anda celupkan jemari anda ke dalam air. Setelah itu ikan akan berduyun-duyun mendekati anda sehingga dengan sekali lemparan umpan pancingan, anda akan langsung sibuk menarik kail anda.

Kedua, selain teknik di atas anda juga bisa menjadikan batu getah katilayu sebagai pemberat pancingan anda. itu berarati batu ini harus anda ikat didekat kail pancingan lalu dilempar ke sungai. Dengan begitu, ikan juga akan berduyun-duyun mendekatinya dan otomatis akan memakan pakan di pancingan anda. dalam sekejap anda akan sibuk menarik kail anda yang sudha ada ikannya.

Hanya saja cara kedua ini cukup rentan hilang karena bisa jadi kail pancingan anda nyangkut dalam sungai lalu talinya putus dan akhirnya betu tersebut hilang. Belum lagi anda juga harus mengbor batu tersebut agar ada lubangnya. Aktifitas ini bisa menghancurkan batu ajaib tersebut. Makanya lebih baik cara pertama saja.

2. Menambah ketenangan dan kesabaran ketika memancing

Selain dapat menarik ikan berduyun-duyun mendekati anda, anda juga akan merasakan ketenangan ketika memancing ikan. Artinya ketika pun anda belum mendapatkannya anda tidak stress alias fustasi. Anda akan tetap bersabar dan akhirnya anda pun bisa mendapatkan ikan yang banyak. Ingat, sabar kunci kesuksesan.

3. Menajamkan Intuisi

Terkadang, kesuksesan memancing ikan juga ditentukan oleh posisi dan lokasi tertentu di dekat sungai. Bagi pemancing pemula mungkin ia akan melakukannya di sembarang tempat, padahal bisa jadi tempat tersebut tidak banyak ikan. Nah, agar memiliki kepekaan yang tinggi sehingga bisa melihat potensi, menggunakan cincin ini dipercaya dapat meningkatkan intuisi.

Dengan demikian, intuisi anda akan semakin tajam sehingga bisa menerka mana tempat yang potensial dan mana yang tidak. Dampak positifnya aktifitas anda akan semakin sukses menghasilkan banyak ikan.

4. Sebagai Cincin Akik Perhiasan Tangan

Selain manfaat untuk memancing ikan, batu ini juga bisa digunakan hanya sekedar perhiasan di tangan. Sebagaimana umumnya, batu akik biasa dipake oleh para lelaki. Nah agar lebih berkarisma anda juga bisa menggunakan batu cincin ala getah katilayu. Cool banged dah…aura anda akan lebih kesatria.

5. Sebagai Perhiasan

Selain untuk cincin, batu getah katilayu juga bisa digunakan untuk melengkapi perhiasan lainnya seperti gelang dan kalung. Alat-alat perhiasan ini akan lebih indah dan bernilai jika dipoles dengan sentuhan benda proses alam dengan nilai luar biasah.

BACA : Manfaat Buah Bintaro untuk Mengusir Tikus, Lari Terbirit-Birit

6. Menambah Keberuntungan

Jika anda menggunakan batu getah katilayu sembari tawakal pada Allah, maka urusan-urusan anda dipercaya dapat mendatangkan keberhasilan. Tapi ingat, batu tersebut hanya simbol saja buka sumber. Sekali lagi simbol bukan sumber. Sementara sumber, anda harus tetap yakin pada Yang Maha Kuasa yaitu Allah Swt.

7. Sebagai Pemikat Cinta Lawan Jenis

Logicnya, karena batu ini amat bernilai, katakanlah seperti perhiasan yang mahal lainnya, maka sangat wajar jika orang mulai mencintai anda. sebab, seperti wanita misalnya, secara fitrah mereka memang menyukai harta. Betul????? Nah kadangkala ada wanita-wanita yang bisa mencintai seseorang disebabkan orang tersebut kaya. So, kalau batu ini jadi sebagian simbol kaya, wajar jika dipercaya bisa menarik cinta wanita. hehe

8. Meningkatkan Popularitas

Karena sulitnya memperoleh batu getah katilayu, sangat wajar jika orang yang memilikinya dapat menjadi terkenal. Bagaimana tidak, proses pembentukannya bertahun-tahun ko, bahkan ratusan tahun, lalu tiba-tiba ada seseorang yang bisa mendapatkan batu ini, sangat logic bila akhirnya ia menjadi terkenal.

Itulah beberapa catatan terkait batu yang magic tersebut. Oyah, dari rangkaian yang kami tulis termasuk keajaiban-ajaibannya, semua itu berasala dari cerita-cerita masyarkat. Oleh sebab itu anda boleh percaya boleh tidak. Kalau pun anda tidak percaya, barangkali anda bisa melihatnya dari aspek seni saja sehingga memandangnya sebagai sebuah perhiasan semata.

BACA JUGA :

Pohon Kesambi : Kandungan, Manfaat Hingga Mitos yang Lagi Viral

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.