Cara Budidaya Ikan Sidat Agar Cepet Panen & Naik Haji

Cara Budidaya Ikan Sidat – Budidaya ikan sidat memang tidak begitu familiar dibanding ikan belut dan ikan lele. Tetapi kini hari ikan sidat mulai banyak diperbincangkan.

Pasalnya ikan yang mirip dengan belut ini memiliki kandungan vitamin yang super banget. Tentu saja, harganya juga cukup menjanjikan.

Pada artikel sederhana ini kami akan sharing cara budidaya ikan sidat agar cepat panen dan sukses. Step-step ini bisa anda tiru alias praktikkan.

Jika anda melakukannya dengan teliti disertai hobi, maka kami yakin anda akan berhasil. Secara ekonomi anda beruntung, secara kepuasan anda akan bahagia.

Perlu diketahui, ikan sidat termasuk ikan pemalu alias tidak suka dengan cahaya.

Makanya ketika anda membudidayakan ikan sidat [bahasa saya ikan oleng], anda harus tahu betul sedetail mungkin hal-hal yang bisa berdampak positif atau negative ke ikan. Mulai dari lingkungan, tempat budidaya, air, pakan dan sebagainya.

Cara Budidaya Ikan Sidat

Ketika anda memiliki segudang informasi dan anda juga sudah siap dengan semua peralatan tersebut,

maka langkah berikutnya anda harus perhatikan setiap step demi setep agar ketika panen, anda memperoleh hasil yang bagus dan berkualitas. Adapun langkah-langkah budidaya ikan sidat tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Persiapan Kolam

Sebagaimana budidaya ikan lele dan ikan lainnya, biasanya ada dua tipe kolam yaitu kolam yang mengunakan beton dan kolam yang menggunakan terpal. Rincian ukurannya adalah sebagai berikut :

Kolam Terpal : Siapkan kerangka kolam baik terbuat dari kayu atau besi. Pada bagian sisi silahkan buat pagar bambu lalu letakan alas sebelum terpal dipasang.

Alasnya bisa terbuat dari karpet atau apa saja termasuk sekam padi yang penting tidak tajam. Ikat terpal pada kerangkanya.

budidaya ikan sidat

kolam terpal ikan sidat

Kolam Beton : Siapkan kolam beton dengan ukuran 2 x 2 meter dengan ketinggian sekitar 0,8 mater. Kemudian isi dengan air setinggi 0,4 meter.

budidaya ikan sidat

kolam beton ikan sidat

Anda boleh memilih, apakah ingin menggunakan kolam beton atau kolam terpal. Tentu keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kolam beton misalnya, cara pembuatannya lebih praktis ketimbang terpal. Tetapi kolam terpal juga memiliki kelebihan seperti kemampuan membuat suhu tetap stabil sehingga kualitas ikan lebih bagus dan lebih cepat dipanen.

2. Penebaran Benih

budidaya ikan sidat

bibit ikan sidat

Benih ikan sidat yang bagus berukuran 0,17 gram per ekor. Sementar waktu menebar benih yang paling bagus bisa anda lakukan di pagi hari.

Hal ini disebabkan karena waktu pagi suhu airnya masih rendah sehingga ikan tidak mudah depresi. Agar memperoleh hasil terbaik, anda juga perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar ikan bisa beradaptasi. Caranya :

  • Ikan sidat dimasukan kedalam kolam bersama plastiknya. Jangan langsung mengeluarkan ikan dari plastic dan langsung dipindahkan ke air kolam.
  • Buka plastic lalu masukan sedikit air kolam ke dalamnya. Jangan keluarkan dulu ikan tersebut.
  • Gunakan ukuran normal, yaitu setiap 1 liter air berisi 6 ekor benih.

Note : lakukan proses adaptasi ini sesegara mungkin ketika ketika benih ikan didapat.

3. Pembesaran Ikan Sidat

budidaya ikan sidat

ikan sidat terbesar

Proses pembesaran ikan sidat termasuk yang harus anda perhatikan. Pasalnya selama proses ini sangat menentukan keberhasilan ketika panen.

Adapun waktu dari benih ke panen ikan sidat, anda memerlukan waktu selama 8 bulanan. Selama rentang waktu itu anda harus melakukan beberapa hal, yaitu :

  • Pemberian pakan
    Pakan ikan sidat bisa terbuat dari pelet atau pakan campuran seperti campuran psp, pakan udang, indofeed dengan vitamin c dan cmc. Perbandingannya 10% : 45% : 45%.
  • Waktu memberi pakan
    Agar menghasilkan ikan sidat terbaik, lakukan pemberian pakan di waktu pagi jam 10.00 sebanyak 40% dan sisanya pada pukul 20.00 sebanyak 60%.
budidaya ikan sidat

ikan sidat berebut pakan

  • Periksa bobot ikan setiap minggu
    Proses ini juga penting dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan ikan sidat. Pada prakteknya, coba ambil ikan sidat sebanyak 5% lalu anda amati bobotnya.
  • Menjaga kesehatan ikan
    Untuk memastikan ikan sidat tumbuh dengan baik dan sehat, anda bisa memastikan kebersihan kolam dan lingkungan sekitarnya. Selain itu anda juga perlu menambahkan pakan tambahan seperti probiotik.
  • Sabar, ulet dan konsisten sembari terus berdoa pada yang Maha Kuasa agar diberikan hasil terbaik.

4. Pemanenan Ikan Sidat

budidaya ikan sidat

panen ikan sidat

Setelah memakan waktu sekitar 8 bulan, kini saatnya anda memanen ikan sidat tersebut. Ikan yang siap dipanen memiliki bobog 180 sd 200 gram per ekor. Ukuran ini merupakan ukuran pasaran.

Agar mudah diambil, sebaiknya anda tidak memberi makan sehari sebelum dipanen.

Tujuannya agar mereka kelaparan sehingga ketika hari panen, anda beri makan mereka sehingga ikan akan berkumpul berebut makanan dan anda pun dengan mudah menangkapnya.

Kemudian, pisahkan ikan sidat sesuai ukurannya masing-masing. Lalu masukan ke dalam bak yang berisi air dan dilengkapi aerator.

Hal – Hal Yang Perlu Perhatikan Sebelum Membudidayakan Ikan Sidat

budidaya ikan sidat

panen ikan sidat

Demikian langkah demi langkah cara budidaya ikan sidat kami sampaikan. Sekarang, sebelum anda memutuskan untuk membudidayakan ikan sidat, sebaiknya anda memperhatikan hal-hal di bawah ini.

dengan begitu, anda berusaha di bidang perikanan tidak terkesan grasak grusuk. Hehe. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Tingkat PH Pada Air

Ikan sidat bisa berkembang dengan cepat jika tingkat PH sekitar 7 atau 8. Jadi silahkan anda ukur php air di kolam budidaya anda.

caranya bisa menggunakan kertas lakmus yang dimasukkan kedalam air lalu diamkan sejenak dan lihat perubahan warnanya.

Jika warna kertas lakmus menjadi merah, itu petanda bahwa kadar PH sangat asam. Jika warna kertas lakmus menjadi hijau, itu berarti kadar PH terlalu basah.

Sementara jika warna kertas lakmus menjadi kuning, itu berarti kadar PH nya netral. Pada kondsisi PH netral inilah ikan sidat bisa bertumbuh kembang dengan cepat.

2. Suhu Pada Kolam

Suhu kolam yang paling bagus untuk menopang kesehatan ikan sidat adalah 28 sd 30 derajat celcius. Makanya, upayakan lokasi yang anda pilih termasuk lokasi yang teduh.

Di samping ikan sidat akan nyaman, pemiliknya juga akan enjoy. Ditambah lagi, suhu kolam memiliki dampak pada nafsu makan ikan. Jika suhunya tidak mendukung, mereka pada diet nantinya.

Ada satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan suhu kolam yang bagus.

coba anda gunakan kolam terpal yang di bawahnya menggunakan sekam padi, lalu tanami juga kolam tersebut dengan eceng gondok. Uhhh, kolam begini bikin demen si ikan tuh.

Fungsi eceng gondok untuk menetralkan panas dan sekam padi untuk isolator ketika suhu sedang dingin.

3. Kebutuhan Nutrisi

Beberapa nutrisi sangat dibutuhkan oleh ikan sidat. Misalnya protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Jika kesemua nutrisi ini terpenuhi, maka hasil panennya pun akan menjanjikan.

Sebaliknya jika asupan nutrisi ikan tidak jelas, kemungkinan ikan sidat tidak akan menampilkan sesuai harapan anda.

4. Kandungan Oksigen

Kandungan oksigen dalam kolam yang dibutuhkan ikan sidat sekitar 1-2,5 ppm. Jika kandungan oksigennya tidak seimbang, maka kolam akan mengeluarkan aroma yang tak sedap.

Dengan demikian kesehatan ikan pun dapat terganggu. Adapun faktor yang mempengaruhi kandungan oksigen antara lain seperti tekanan air, suhu, kebersihan air dan sebagainya.

Jadi pastikan kolam budidaya ikan sidat anda tetap bersih dan sehat. Dengan demikian oksigen pun akan bagus dan hasilnya, panen seusai dengan harapan anda. demikian tata cara budidaya ikan sidat.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

BACA JUGA :

7 Jurus Jitu Jualan Online (BARU 2019)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.