Manfaat Ikan Gabus untuk Obat Diabetes & Cara Memancingnya

Manfaat Ikan Gabus – Penyakit diabetes merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengancam kesehatan tubuh kita. Penyakit ini biasanya terjadi ketika kandungan glukosa meningkat akibat tidak normalnya fungsi penyerapan.

Saking bahayanya, orang yang tertimpa penyakit ini bisa berujung pada kematian jika tidak ditangani dengan sesegera mungkin.

Tentu saja ada sekian banyak cara yang bisa dilakukan penderita penyakit diabetes untuk memperoleh kesembuhan.

Cara yang paling banyak dilakukan mungkin melalui medis alias teknik kedokteran baik di rumah sakit atau klinik-klinik tertentu. Di samping itu, ada juga yang melakukan berbagai terapi dan konsumsi obat-obat herbal.

Dari sekian banyak cara untuk menyembuhkan diabetes tersebut, ada suatu cara yang tak banyak diketahui orang. Apa itu? Caranya tiada lain adalah dengan mengkonsumsi IKAN GABUS.

Anda tahu ikan tersebut? Pernah lihat? Pernah memakannya? Ah, tentu saja anda tahu karena ikan gabus bukanlah ikan yang aneh. Ditambah lagi, ikan ini mudah dijumpai di pasar-pasar.

Bahkan ikan ini juga acapkali dijadikan ikan asin yang harganya sangat mahal. Satu ikan asin gabus saja harganya sampe Rp. 100.000. singkatnya, ikan gabus termasuk ikan yang ‘akrab’ dengan masyarakat.

Lantas, apa saja sih manfaat ikan gabus untuk penderita diabetes? Berikut ini uraian lengkapnya.

BACA : Buah-buahan untuk Penderita Diabetes

Manfaat Ikan Gabus bagi Penderita Diabetes

manfaat ikan gabus

ikan gabus

Coba anda perhatikan lagi bentuk ikan gabus, biar tidak ketuker dengan ikan-ikan sejenisnya apalagi tertukar dengan ikan sapu-sapu. Hiks.

Ya ikan yang banyak hidup di sungai dan rawa ini memiliki banyak nutrisi yang super duper bermanfaat untuk kesehatan.

kandungan gizi yang terdapat dibalik dagingnya yang aduhai ini menyimpan suatu khasiat yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes. Secara umum, manfaat ikan gabus untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki Jaringan Pankreas

Jaringan pancreas adalah salah satu organ tubuh yang terdapat di system pencernaan. Adapun fungsinya, pangkreas memiliki tugas untuk memproduksi enzim dan hormon guna dapat menghancurkan makanan di dalam perut.

Nah karena begitu pentingnya jaringan ini, bagaimana jadinya jika terjadi kerusakan? Tentu akan mengganggu kesehatan anda, bukan?

Jika jaringan pangkreas ini rusak nanti bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah atau yang biasa disebut hiperglikemik. Dalam kondisi seperti ini penyakit diabetes menjadi sulit disembuhkan.

Karena itu, sebagai langkah preventif ataupun penyembuhan, ternyata anda tidak perlu besusah payah menggunakan obat-obat modern. Cukup konsumsi saja ikan gabus, bisa langsung bisa ekstraknya.

Ekstrak ikan ini akan memberikan efek positif untuk jaringan pangkreas tersebut. Selamat mencoba, ya.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Khasiat ikan gabus selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar gula darah. Agar lebih maksimal, silahkan konsumsi ekstraknya yang sudah dalam bentuk kapsul.

Tetapi menurut min, kalau anda suka dengan daging ikan gabus sebaiknya konsumsi dalam bentuk ikannya aja. Min juga sering ko makan ikan ini. rasanya enak bangeeeed, apalagi kalau dibuat kaya opor. Yakin dah ketagihan.

3. Efektif untuk Penyembuhan Luka

Tersiksanya memiliki penyakit diabetes itu kalau kita punya luka di bagian tubuh. Sembuhnya lamaaa banged. Meskipun lukanya kecil, tetap saja lama kesembuh.

Akhirnya bisa bikin nanah, busuk dan sebagainya. Nah jika anda termasuk yang demikian, cobalah konsumsi ikan gabus atau dalam bahasa sunda disebut ikan boncel atau ikan bayong.

Sebab ikan ini memiliki kandungan ZAT ALBUMIN yang berperan penting untuk proses pembekuan darah sekaligus penyembuhan luka.

Jadi, jika penderita diabetes memiliki luka, jangan didiamkan. Segera makan tuh ikan boncel biar lukanya cepat kering dan sembuh.

4. Sebagai Asupan Kalori Pengganti Nasi

Makanan-makanan yang memiliki glukosa tinggi akan senanatiasa dihindari oleh penderita diabetes. Akibatnya ia harus mencari makanan-makanan alternative agar mempu memenuhi asupan kalori untuk tubuh.

Nah, ikan gabus ternyata memiki kandungan yang pas untuk mereka. Yaitu, kandungan glukosanya rendah sementara kandungan kalorinya cukup tinggi.

Dengan demikian, ketika penderita diabetes mengkonsumsi ikan ini, berarti dalam tubuhnya sudah terdapat nutrisi yang dibutuhkan. Makanya coba cari ikan gabus di pasar-pasar atau coba anda mancing di rawa-rawa.

5. Sumber Protein yang Tinggi

Selain kandungan glukosa rendah dan kandungan kalorinya tinggi, ikan gabus juga memiliki kandungan protein yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagaimana kita tahu, asupan protein sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, protein juga dibutuhkan guna meningkatkan system kekebalan tubuh agar kuat dan tidak mudah sakit.

Demikian sekelumit manfaat yang bisa kita dapatkan dari ikan gabus. Tentu saja, di samping pengobatan tradisional sebaiknya anda juga konsultasi dengan dokter.

Namun perlu dicatat, sebaik-baik pengobatan adalah dengan membiasakan pola hidup sehat. Yaitu sebuah pola yang memperhatikan asepek makanan dan juga olah raga.

BACA : Cara Budidaya Ikan Sidat Agar Cepat Panen dan Naek Haji

Cara Mendapatkan Ikan Gabus

ikan gabus

cara menangkap ikan gabus

Untuk daerah pedesaan, sebetulnya tidak terlampau sulit untuk mendapatkan ikan jenis ini. mereka cukup membelinya kepada orang-orang yang biasa mancing atau bisa juga mereka sendiri yang mancing.

Tetapi untuk daerah perkotaan, memang agak sulit. Hal ini karena di pasar pun tidak banyak yang jualan. Meskipun ada, mungkin hanya dalam bentuk ikan asinnya.

Karena itu, untuk daerah perkotaan bisa memilih alternative ekstrak ikan gabus yang sudah berbentuk kapsul. Jadi, silahkan anda cari di apotek-apotek terdekat di sekitar anda.

tetapi kalau anda ingin mencoba cara-cara tradisional, anda bisa mendapatkannya dengan cara memancing. Hanya saja ada teknik tersendiri untuk mendapatkan ikan gabus.

1. Cara Ngacklak

Cara ini termasuk cara yang lumrah, artinya biasa dilakukan. Kalau di danau-danau, biasanya mereka memancing menggunakan pancingan yang ada mesin gulungannya, lalu dilemparkan sejauh mungkin ke danau.

Setelah itu mereka akan menariknya agar umpan pancing berjalan di atas air sehingga seperti kodok yang sedang berenang.

Jika ikan gabus melihatnya, ia akan segera mengejarnya dan langsung melahap seperti ikan hiu. Pasti akan seru. tetapi saya melihat cara ini kurang optimal karena yang mereka lakukan tidak pada tempat yang tepat.

Kalau di kampung, cara ngaclak seperti ini dilakukan di dekat anak-anak gabus yang baru menetas sehingga induknya langsung melompat dan melahap umpan tersebut.

2. Cara Neger

Kata neger juga adalah kata asing di perkotaan. Sebab kata ini hanya terkenal di daerah kampung alias pedesaan. Sebetulnya cara ini juga termasuk jenis memancing. Hanya saja tidak ditungguin.

Gambarannya, si pemancing meletakan pacingannya di pinggir rawa (sekitar 1 meter dari daratan) lalu didiamkan dan ditinggalkan. Biasanya dilakukan di waktu sore.

Nanti ketika subuh si pemancing akan mengecek satu per satu pancingan tegernya. Karena pancingan seperti ini biasanya banyak, mungkin 10 sampe 20, maka si tukang mancing bisa dapat lebih banyak hasilnya.

Seru banget, pagi-pagi ia dapat ikan gabus dalam jumlah yang cukup banyak. Ada yang besar, ada juga yang kecil. Ada yang masih hidup, ada juga yang sudah mati.

Begitulah cara memancing ikan gabus. Semoga bermanfaat, ya.

BACA JUGA : 

Cara Mudah Budidaya Belut Agar Cepat Panen & Naek Haji

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.