Manfaat Ikan Patin Pasca Operasi & Cara Memperolehnya

Manfaat Ikan Patin – Jika anda termasuk orang yang baru melakukan operasi –apa pun bentuknya- biasanya bagian tubuh anda menyisakan luka akibat operasi tersebut.

Oleh sebab itu, anda pasti disarankan agar mengkonsumsi makanan tertentu guna mempercepat proses penyembuhan sehingga kulit dan daging menjadi normal kembali.

Salah satu saran yang biasa diberikan adalah mengkonsumsi ikan patin. Mengapa pasca operasi anda harus makan ikan patin?

Usut punya usut, ternyata ikan yang mirip dengan lele dan hiu ini memiliki sejumlah kandungan yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Keampuhan ikan patin untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi memang bukan isapan jempol semata. Hal ini sudah banyak dipraktekkan dalam dunia medis.

pasalnya, dalam tubuh dan daging ikan patin terdapat beberapa zat atau senyawa yang memang memiliki kontribusi besar dalam mempercepat proses penyembuhan tersebut.

Manfaat Ikan Patin Pasca Operasi

Untuk lebih detailnya, berikut ini kami paparkan kandungan dan manfaat ikan patin untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi besar. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Ikan Patin Memiliki Kandungan Omega 3 yang Tinggi

Omega 3 merupakan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama pasca menjalani operasi besar.

Omega 3 ini berfungsi untuk menjaga kestabilan system imun, mempercepat proses penyembuhan dan juga sebagai tameng tubuh alias menjaga daya tahan tubuh.

Nah, dalam daging ikan patin, ternyata mengandung omega 3 yang sangat tinggi. So, penting bgt tuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti yang kami terangkan di atas, anggapan ikan patin dapat mempercepat penyembuhan luka bukanlah omong kosong. Para praktisi medis pun biasa melakukan ini.

terlebih lagi, selain omega 3, ikan patin juga memiliki kandungan senyawa protein yang dikenal dengan ALBUMIN. Senyawa ini juga sangat penting dalam proses penyembuhan luka.

3. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Kesehatan system peredaran darah dalam tubuh sangat ditopang oleh dua hal, mineral dan protein. Nah dua hal ini terdapat pada ikan patin.

Dengan demikian, ketika anda mengkonsumsi ikan ini maka peredaran darah anda akan lancar. Akibatnya, oksigen dan nutrisi pun dapat disalurkan dengan baik oleh system peredaran darah ini.

dengan demikian, luka pun segera sembuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ikan patin juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Dengan dengan demikian, ketika metabolism ini berjalan secara sempurna maka akan berdampak positif bagi penyembuhan luka. Makanya, sangat penting untuk anda agar senantiasa menjaga system metabolism tubuh.

5. Membantu Menghilangkan Bekas Luka Operasi

Pasca operasi, anda juga akan membawa bekas luka. Masih mendingan jika operasi yang anda jalani di daerah-daerah yang tertutup baju. Nah apa jadinya jika operasi tersebut pada anggota tubuh luar.

Kalau ada bekas lukanya, kan kurang nyaman. Tapi sekarang ndak perlu khawatir, setelah operasi, anda harus segera mengkonsumsi ikan patin agar luka bekas operasi menghilang.

6. Mengatasi Stress

Tak dapat disangkal, kadang stress juga menimpa orang-orang yang baru melakukan proses operasi.

Faktornya mungkin karena rasa sakit akibat operasi, mungkin juga karena minim gerak karena memang dibatasi, atau apa saja yang memiliki korelasi langsung atau tidak langsung.

Nah untuk menghindarinya, sebaiknya anda konsumsi ikan patin. Agar cepat sembuh dan agar tidak stress.

7. Tinggi Kandungan Protein

Pada dasarnya semua ikan memang mengandung protein. Tetapi kandungan protein pada ikan patin ini agak berbeda. Dari segi jenisnya, protein ini disebut ALBUMIN.

Nah protein tipe inilah yang sangat berkontribusi besar dalam mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. So, protein dapat dan luka pun cepat sembuh.

8. Meningkatkan Selera Makan

Orang yang baru menjalani operasi juga kadangkala menjadi berkurang nafsu makannya. Padahal makan ini sangat penting guna memberikan nutrisi kepada pasien.

Akibatnya, kalo kurang nutrisi maka proses penyembuhan pun menjadi lambat. Nah, untuk mengatasinya cobalah konsumsi ikan patin. Sebab ikan ini bisa menstimulan seseorang untuk bernafsu makan.

9. Sumber Energi

Kalau anda pernah operasi bagian tubuh, biasanya anda dituntut untuk puasa terlebih dahulu. Betul? Lalu setelah operasi, tentu saja anda akan merasakan lemas yang luar biasa.

Agar anda memiliki energy, tak ada salahnya anda mengkonsumi ikan patin. Sebab ikan ini dinilai efektif untuk meningkatkan nafsu makan sehingga aneka nutrisi pun dapat anda serap. So, energy pun prima kembali.

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

System imun juga termasuk bagian yang akan terganggu akibat operasi. Biasanya system ini akan melemah seusai operasi.

Akhirnya, berbagai penyakit pun dapat dengan mudah menyerang tubuh anda. terlebih lagi, bekas luka operasi sangat rentan infeksi.

Agar terjaga dan bahkan system imunnya meningkat, anda bisa mengkonsumsi ikan patin. Buktikan saja!

BACA : Manfaat Ikan Gabus yang Jarang Diketahui

Cara Mendapatkan Ikan Patin

khasiat ikan patin

ikan patin

Seperti ikan-ikan lainnya, ikan patin juga banyak dibudidayakan di daerah-daerah tertentu seperti bogor dan sekitarnya.

Karena itu, ikan ini mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional, bahkan dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Jadi anda tidak terlampau sulit untuk mendapatkannya.

Ditambah lagi, selain ikan patin memiliki khasiat positif untuk kesehatan ternyata daging ikan patin juga sangat lezat.

Makanya tak heran jika ada restoran-restoran yang menjadikan ikan ini sebagai menu utama perusahaannya.

Singkatnya selain kandungan positif dalam ikan patin seperti penjelasan di atas dan juga kandungan kalsium dan fosfor ternyata rasa ikan ini juga lezat.

BACA : Resep Pindang Pating Ala Palembang, Makyuss!

Resep membuat pindang patin palembang

pindang patin palembang

Demikian sekelumit manfaat ikan patin yang ngeri-ngeri sedap, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa membantu anda dalam proses penyembuhan luka pasca operasi. Byeeeee.

BACA JUGA : 

Cara Budidaya Ikan Sidat Agar Cepet Panen & Naik Haji

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.