9 Jenis Pepaya Paling Enak dan Sehat

Jenis Pepaya Paling Enak – Pepaya yang paling enak mungkin saja pernah anda makan, tetapi barangkali anda tidak tahu jenis pepaya tersebut.

Sebab buah ini sangat beragam dan terkadang proses menanam pohonnya juga tidak jelas. Maksudnya acapkali pohon pepaya tumbuh dengan sendiri entah dari biji yang mana sehingga kita tidak tahu jenis pepaya tersebut.

Untuk wilayah tropis seperti Indonesia, memang pohon pepaya bisa tumbuh di mana-mana. kendati demikian, untuk menghasilkan pepaya yang aduhai enak dan sehat tentu saja harus ada proses budidaya yang berkualitas.

Jika tidak, maka buah pepaya yang dihasilkan tidak selezat dan sesehat yang diinginkan.

Jika anda pernah ke pasar tradisional, atau setidaknya pernah belanja di penjual buah-buahan, anda akan melihat berbagai varietas buah pepaya yang berbeda satu sama lain baik dari segi bentuk, warna, ukuran maupun ketebalan ‘daging’.

Varian pepaya ini tentu saja berdampak juga pada perbedaan harga. Nah, lantas apa saja jenis – jenis pepaya yang enak lagi menyehatkan?

Jenis – Jenis Pepaya yang Lezat dan Sehat

Sebelum membahas jenis-jenisnya, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu kandungan buah pepaya yang sangat bermanfaat ini. untuk setiap 100 gram buah pepaya terdapat sejumlah kandungan sebagai berikut :

Kandungan Buah Pepaya :

  • Karbohidrat 10,82g
  • Kalori 43 kcal
  • Air 88g
  • Lemak 0,26g
  • Serat 1,7g
  • Protein 0,47g
  • Gula 7,82g
  • Vitamin K 2,6µg
  • Vitamin B3 (Niacin) 0,357mg
  • Vitamin B1 (Thiamine) 0,023mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 0,027mg
  • Vitamin E 0,3mg
  • Vitamin D 0µg
  • Vitamin C 62mg
  • Vitamin A 47µg
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,191mg
  • Sodium 8mg
  • Seng (Zinc) 0,08mg
  • Magnesium 21mg
  • Zat Besi 0,25mg
  • Fosfor 10mg
  • Vitamin B9 (Folat) 38µg
  • Potassium (Kalium) 182mg
  • Kalsium 20mg

Adapun daftar jenis pepaya yang enak antara lain sebagai berikut :

1. Pepaya Calina/California

pepaya yang nikmat

pepaya california

Pepaya jenis pertama ini barangkali sering anda lihat di pasar, atau bahkan anda sendiri pernah mengkonsumsinya. Tetapi min yakin tidak sedikit diantara pembaca yang belum tahu Namanya.

Nah pepaya ini memiliki nama asli Calina, pepaya asli Indonesia. Namun entah mengapa lidah kita sering menyebut pepaya ini dengan nama California. Biar lebih wah kali ya. hehe

Ciri menonjol dari pepaya jenis ini terletak pada warna dagingnya yang merah dan tepal. Selain itu rasanya juga amat lezat dan manis.

Makanya tak heran jika para petani sangat menggandrungi budidaya pepaya jenis ini. terlebih lagi kondisi tanah di Indonesia sangat subur untuk Pepaya. Dengan durasi 8 bulanan sejak menanam, pepaya ini pun siap dipanen.

2. Pepaya Bangkok

pepaya yang lezat

pepaya bangkok

Berbeda dengan pepaya California yang dagingnya tebal dan warnanya merah, pepaya Bangkok memiliki tesktur daging lebih tipis.

Selain itu, pepaya ini juga agak sedikit keras tetapi rasanya tetap manis dan cocok untuk dikonsumsi. Sementara asalnya, pepaya ini berasal dari Bangkok Thailand. Makanya wajar jika dinamai pepaya Bangkok.

Oya, disamping pepaya Bangkok dapat dikonsumsi ternyata pepaya ini juga banyak digunakan untuk pembuatan produk-produk kosmetik seperti sabun dan sebagainya.

So, secara kesehatan memiliki manfaat secara ekonomi juga demikian, ditambah lagi secara industry ternyata sangat dibutuhkan.

3. Pepaya Carisya

pepaya populer

pepaya carisya

Pepaya Carisya adalah pepaya asal Indonesia yang memiliki tekstur tebal, berongga kecil, dagingnya kemerahan dan rasanya maniz. Yang unik dari pepaya ini adalah sifatnya yang compatible dengan semua daerah.

Maksudnya pohon pepaya jenis ini bisa ditanam di mana saja dengan bentuk tanah seperti apa saja yang ada di Indonesia. Apalagi panennya hanya butuh waktu 4 bulan.

Secara historis, pepaya ini merupakan hasil temuan TIM Pemulia Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika IPB yang kemudian dipasarkan oleh Menteri Pertanian RI pada tanggal 26 Mei 2010.

Dengan demikian pepaya ini termasuk pepaya kebanggan Indonesia.

BACA : Manfaat Buah Pepino Ungu untuk Kesehatan

4. Pepaya Arum Bogor

pepaya yang enak

pepaya arum bogor

Selain Carisya, TIM Pemulia Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika IPB juga menemukan jenis pepaya lain yang kemudian dinamai Pepaya Arum Bogor.

Dengan bentuknya yang mini, pepaya ini sangat ringan dibawa dan bisa dikonsumsi sendirian. Apalagi warna dagingnya yang kemerahan dan rasanya yang manis. Cocok untuk makanan pembuka makan besar.

5. Pepaya Cibinong

pepaya terkenal

pepaya cibinong

Sesuai Namanya, pepaya ini berasal dari Cibinong Bogor. Ciri utamanya terletak pada bentuknya yang lonjong memanjang dan ujungnya yang lancip.

Sementara dagingnya berwarna merah kekuningan dengan rasa yang manis dan segar. Pepaya Cibinong termasuk pepaya favorit para pedagang lantaran daya tahannya yang cukup lama.

6. Pepaya Hawai

pepaya manis

pepaya hawai

Dari segi bentuknya, buah pepaya Hawaii sama persis dengan pepaya Carisnya. Karena itu pepaya Hawaii termasuk pepaya idola karena bisa dikonsumsi sendirian. Cara menyantapnya juga tidak perlu diiris kecil-kecil.

Anda cukup membelahnya menjadi dua lalu buang bijinya dan nikmati dagingnya dengan menggunakan sendok.

Adapun mengapa dinamai pepaya Hawaii, hal itu karena asalnya memang berasal dari kepulauan Hawaii.

7. Pepaya Gading

pepaya kuning

pepaya gading

Pepaya gading adalah pepaya yang sangat unik lantaran memiliki warna jingga yang berbeda dengan jenis pepaya lainnya.

ketika mentah, pepaya ini memiliki banyak getah sehingga tidak cocok dijadikan rujak. Namun getah-getah ini akan menghilang manakala mulai matang.

Pepaya ini sangat cocok ditanam di perkebunan atau di depan rumah sebagai hiasan.

8. Pepaya Red Lady

pepaya merah

pepaya red lady

Jenis pepaya yang terakhir ini memiliki bentuk bulat dengan kulitnya yang halus. Dagingnya juga sangat manis dibanding dengan jenis pepaya-pepaya lain.

Meski tidak terlalu populer, tetapi karena kualitasnya bisa diadu, maka kini hari sudah mulai bermunculan para petani yang membudidayakannya. Recommended!

9. Pepaya Gunung

pepaya langka

pepaya gunung

Pepaya gunung berasal dari daerah Wonosobo Jateng. Dengan bentuknya yang unik, tinggi pohon hanya 2 meter, buahnya seperti bulat telur, dagingnya keras, warnya jinggi, rasanya asem, baunya harum, maka pepaya jenis ini sangat unik.

Terlebih lagi penjualannya pun sudah dikemas dalam wadah yang unik dan terkadang dibuat manisan.

Itulah varian buah pepaya yang paling terkenal. Tentu saja, selain jenis – jenis tersebut masih ada sekian varian lagi yang belum kami publish.

Belum lagi pepaya yang hanya menghasilkan kembang dan sejenisnya. Pokoknya tanah Indonesia ini sangat subur untuk tumbuh kembangnya berbagai jenis pepaya.

BACA : Manfaat Buah Mengkudu Paling Misterius

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Mengingat banyaknya kandungan pada buah pepaya maka tentu saja sangat positif untuk kesehatan manusia. Makanya untuk hidup sehat itu tidak perlu mahal-mahal beli ini beli itu.

Cukup manfaatkan saja apa yang ada di alam sekitar, efek positifnya tidak kalah dengan produk-produk suplemen pabrikan. Nah, diantara manfaat buah pepaya untuk kesehatan antara lain sbb:

1. Menjaga Kesehatan Tulang
2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker
3. Menjaga kesehatan Rambut dan Kulit
4. Membantu Sistem Pencernaan
5. Meredakan Peradangan
6. Menjaga Kesehatan Mata
7. Mencegah Penyakit Jantung

Demikian uraian singkat tentang ‘misteri’ buah pepaya yang masih primadona hingga kini. Semoga menjadi informasi bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup para pembaca. Terima kasih!

Baca Juga :

Pohon Kesambi : Kandungan, Manfaat Hingga Mitos yang Lagi Viral

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.