Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

Pohon Kesambi, Kandungan, Manfaat Hingga Mitos yang Lagi Viral

/
879 Views

Buah Kesambi adalah buah yang memiliki banyak manfaat. Dengan nama latin Schleichera oleosa, buah yang berwarna cokelat kekuningan ini memiliki kandungan air lebih banyak ketimbang lengkeng. Selain itu, buah kesambi juga mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Terlebih, buah ini memiliki rasa asem manis, cocok dikonsumsi waktu panas.

Manfaat buah kesambi terletak pada buah, kayu, kulit batang dan bahkan daunnya. Oleh sebab itu, buah ini sangat berharga untuk kita ketahui. Selama ini sangaaaaat jarang orang mengetahui manfaat buah ini. padahal, hampir di setiap daerah buah ini dapat dijumpai. Terbukti, namanya saja bervariatif sesuai daerah masing-masing.

Nama Tanaman Kesambi di Setiap Daerah

kesambi
buah kesambi

√ Jawa dan Bali : Kesambi, Kusambi, Sambi, Kecacil
√ Sunda : Kasambi/ Kosambi
√ Sumba : Kasembi, Kahembi
√ Timor : Kusambi, Usapi
√ Madura : Kasambhi
√ Rote : Kule, Ule
√ Sawu : Kehabe
√ Makasar : Bado
√ Solor : Kabahi
√ Alor : Kalabai
√ Bugis : Ading

BACA : Manfaat Rempah-Rempah Temu Kunci

Kegunaan Buah Kesambi

buah kesambi
kegunaan buah kesambi

 

Di sebagian daerah seperti kepulauan Kangean, Bali dan Madura, warga sekitar memanfaatkan buah kesambi untuk terapi pengobatan penyakit kulit seperti eksem, kudis dan koreng. Selain itu, minyak kesambi yang didapatkan dari bijinya bisa dimanfaatkan untuk minyak gosok sehingga dapat digunakan untuk mengobati nyeri dada, batu, sakit punggung dan sejenisnya.

Perlu diketahui, buah ini juga dapat dikonsumsi baik mentahnya atau matangnya. Kalau masih hijau, buah ini bisa dijadikan manisan. So, jika anda ingin mencobanya, anda tak perlu khawatir dengan dampak negatifnya. Nggk kenapa kenapa ko.

READ  Buah untuk Penderita Diabetes yang Paling Direkomendasikan | Info Valid

Manfaat Minyak Kesambi 

kesambi
buah kesambi

Minyak kesambi lebih dikenal masyarakat sebagai minyak Makassar. Minyak ini bisa dijadikan pupuk organic untuk tanaman jika diendapkan selama satu tahun. Bahkan, minyak ini juga bisa dijadikan pengganti bahan bakar fosil. Untuk memperoleh 1 liter biodiesel, anda membutuhkan setiadaknya 4 kg biji kering buah kesambi.

Ketika anda membuat biodesel dari minyak buah kesambi, biasanya masih mengandung gliserol sehingga masih kotor. Perlu ada tindakan untuk membersihkannya seperti dengan mencampurkan asam asetat 0,01 % dan dibilas pake air hanya hingga sampai PH air buangannya netral.

Sejarah, Asal-Usul, Deskripsi dan Ciri-Ciri Tanaman Kesambi

buah kesambi
kesambi

Tanaman Kesambi adalah tanaman yang berasal dari India dan Indocina. Persebarannya dimulai dari India, lalu ke Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Malaysia dan kemudian ke Indonesia. Adapun ciri-ciri tanaman kesambi adalah, tenaman ini memiliki daun jorong, buahnya bulat, warnanya hijau kecokelatan, rasanya asam ke manis-manisan.

Meski tanaman ini memiliki sejumlah manfaat, tetapi di sebagian daerah dikenal memiliki mitos tersendiri. Di jawa misalnya, tanaman ini dikenal sebagai hunian hantu. sementara di Sulawesi Selatan, kayu dari pohon biasa digunakan untuk membuat perahu. Diyakini, perahu yang dibuat dari kayu ini memiliki daya tahan lebih lama dari kayu lainnya.

BACA : Manfaat Pete untuk Asam Urat

Klasifikasi Tanaman Kesambi

√ Kingdom : Plantae
√ Subkingdom : Tracheobionta
√ Superdivisi : Spermatophyta
√ Divisi : Magnoliophyta
√ Kelas : Magnoliopsida
√ Subkelas : Rosidae
√ Ordo : Sapindales
√ Famili : Sapindaceae
√ Genus : Schleichera
√ Spesies : Schleichera oleosa (Lour.) Oken

Kandungan Tanaman Kesambi

 Tanaman kesambi mengandung tanin,
 Tanaman kesambi mengandung terpenoid,
 Tanaman kesambi mengandung betulin,
 Tanaman kesambi mengandung asam betulinic.

READ  1001- Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kesambi Yang Digunakan

 untuk mengobati radang kulit, bisul dan malaria.
 sebagai obat antikanker.
 sebagai obat antioksidan alami.
 sebagai antimikroba alami.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kesambi

buah kesambi
buah kesambi

Tanaman kesambi termasuk keluarga tanaman lerak-lerakan (Sapindaceae). Tanaman ini berukuran 40 meter dan tumbuh tegak ke atas. Batangnya berwarna cokelat kehitaman yang diameternya kira-kiran mencapai 2 meter dengan cabang yang banyak. Bunga kesambi terkumpul dalam malai yang berbentuk tandan, ukurannya 6-15 cm berjejalan di pangkal tunas bunga.

Sementara benang sarinya biasa berjumlah 4-9, bentuk buahnya gelendong lebar, kadang bulat telur dengan ukuran 1,5 -2,5 cm x 1-2 cm. teksturnya licin, warnanya licin, sedikit berduri dan agak meruncing. Setiap biji tanaman kesambi terdapat 1-2 butir dengan bentuk lonjong berukuran 8x10x12 mm.

Demikian sekilas info terkait buah kesambi. Oya, ada satu penelitian lagi yang ditemukan oleh seorang mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya). Dalam researchnya tahun 2017, mahasiswi tersebut menemukan bahwa buah kesambi dapat dijadikan DEODORANT. Waw, keren kan! Demikian.

BACA JUGA : 

1001 Kandungan dan Manfaat Buah Plum Untuk Ibu Hamil

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar