Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

img

1001 Manfaat dan Kegunaan Minyak Nilam untuk Kecantikan dan Kesehatan

/
/
136 Views

Manfaat Minyak Nilam – Sebagaimana minyak atsiri, minyak nilam juga termasuk minyak yang digunakan untuk parfum. Selain itu, ada juga manfaat lain yang bisa digunakan dari minyak ini, di antaranya untuk bahan medis dan kosmetik. Dengan demikian, minyak nilam termasuk minyak yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Sekarang, mari kita telusuri secara lengkap seputar minyak nilam.

Seperti minyak atsiri, minyak nilam dapat diperoleh dari penyulingan daun nilam (pogostemon cablin benth). Proses pembuatannya dimulai dari pemilihan daun nilam yang sudah kering, bukan daun basah belum bisa disuling. Perlu diketahui, minyak atsiri atau yang biasa digunakan untuk parfum ternyata banyak yang dibuat dari daun nilam ini, bahkan termasuk favorit.

Karena memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan, tidak sedikit negara-negara di dunia yang mengimpor ke negaranya seperti negara Inggris, Amerika dan negara-negara di Eropa. Melihat peluang yang berharga ini, Indonesia pun turut memproduksi, salah satu produsen minyak tersebut ada di Aceh dan beberapa tempat seperti di Bengkulu, Sumatera Barat dan Selatan hingga Jawa Barat.

manfaat minyak nilam
minyak nilam

Sekali lagi, minyak nilam termasuk barang komoditas yang menjanjikan yang diperebutkan oleh perusahan-perusahan untuk pembuatan parfum, kosmetik, sabun dan sejenisnya. Secara medis, dalam minyak nilam terdapat beberapa kandungan seperti patchoulia alkohol, kariofilen, patchoulen dan non patchoulenol yang fungsinya untuk pengikat.

Satu hal yang mesti kita ingat selalu, Indonesia termasuk negara yang memiliki jenis minyak nilam yang unggul. Meskipun memang tidak terlalu banyak, karena faktor budaya dan produksi, tetapi semestinya kita melirik peluang pasar yang menjanjikan ini. andai pemerintah benar-benar menaruh perhatian, mungkin akan mampu membantu mengurangi kemiskinan.

Contents

READ  Minyak Kutus Kutus Bali, Manfaat, Cara Menggunakan, Harga, Lengkap

Faktor Minimnya Produksi Minyak Nilam di Indonesia

Seperti yang kami paparkan di atas, faktor minimnya produksi minyak nilam di Indonesia karena dilatari masalah produksi dan budaya. Masalah produksi yang dimaksud contohnya alat suling yang belum memadai, tempat penyulingan yang tidak efektif, pengemasan yang masih sederhana dan sebagainya. Adapun faktor budaya, lebih dipengaruhi masalah teknik penanaman, teknik memanen, teknik penjagaan dan tentu saja faktor lingkungan.

Manfaat Dan Kegunaan Minyak Nilam

manfaat minyak nilam
produksi minyak nilam
BACA : Harga Terbaru Minyak Atsiri 2018

Dari segi manfaat, minyak nilam termasuk multi fungsi. Bisa untuk kesehatan, bisa untuk kecantikan, bisa untuk sabun dan seterusnya. Karena multi manfaat ini, perushaan yang bergerak dalam bidang medis pun memburu habis-habisan minyak atsiri nilam ini. untuk lebih detailnya, inilah sederet manfaat dari minyak nilam:

1. Mencegah Kulit Kering | Kegunaan Minyak Nilam

Minyak nilam meiliki manfaat untuk kesehatan seperti untuk mencegah sekaligus mengobati kulit kering. Terutama bagi anda yang sering beraktifitas di luar rumah sehingga kulit kering sulit dihindari, sebaiknya anda obati dan cegah dengan minyak ini. dipercaya, kulit pecah dan kering akan lembut kembali.

2. Menyembuhkan Dan Menghilangkan Luka | Fungsi Minyak Nilam

Masih manfaat nilam untuk kesehatan, minyak ini juga mampu mengobati luka yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Misalnya, luka akibat jerawat, luka akibat cacat, luka bakar, luka bekas goresan, bekas gigitan serangga dan sejenisnya, kesemua luka-luka tersebut dapat disembuhkan dengan minyak nilam. Keren kan?

3. Mengusir Stress | Manfaat Minyak Nilam

Anda pernah stress atau sering? Hehe. Nah, sekarang nggak perlu khawatir, minyak nilam memiliki aroma harum semerbak dan aroma ini bisa dijadikan sarana terapi sehingga ketika anda menciumnya, anda akan merasa tenang alias ploong. Makanya seperti yang kami katakan, aroma semerbak dari nilam inilah yang jadi alasan kenapa ada parfum yang bahan dasarnya nilam.

4. Mengurangi Keriput | Manfaat Minyak Nilam

Semakin tua usia seseorang, kulitnya akan mengalami perubahan dari halus menjadi keriput. Memang, manusia terutama perempuan seperti bunga yang kuncup, merekah, harum, menua dan keriput. Tetapi berbeda dengan bunga, keriput pada manusia bisa diperlambat, salah satunya dengan minyak nilam ini.

READ  10 Jenis Minyak Atsiri yang Harganya Ratusan Juta

Tetapi ingat, bukan berarti kulit anda anti keriput, penggunaan minyak nilam ini hanya untuk mencegah atau memperlambat, atau membuat keriput tidak kentara. Oleh sebab itu, silahkan oleskan minyak nilam pada kulit terutama padi bagian-bagian yang sudah mengendur alias nampak guratan-guratan kulit.

5. Bahan Baku Obat | Kegunaan Minyak Nilam

Selain bermanfaat untuk kesehata, kecantikan dan parfum, minyak nilam juga memiliki manfaat sebagai bahan baku pembuatan obat. Tentu saja, obat yang diproduksi ini biasanya berkaitan dengan obat-obat kulit. karenanya, penyakit kulit seperti eksim, dermatitis dan sejenisnya dapat diatasi dengan obat-obat kulit yang bahan bakunya dari nilam.

6. Anti Nyamuk | Manfaat Minyak Nilam

Manfaat minyak nilam yang terakhir adalah alat kontra nyamuk alias sebagai obat pengusir nyamuk. alasannya karena aroma yang ada pada minyak ini ternyata amat dibenci oleh gerombolan nyamuk yang suka masuk ke rumah-rumah dan menusuk-nusuk kulit. lebih kerennya lagi, kawan-kawan nyamuk seperti serangga pun turut lari terbirit-birit ketika mencium aroma minyak ini.

Untuk praktisnya, semportkan saja minyak nilam ke area-area yang merupakan markas nyamuk dan serangga. Dijamin, mereka akan kabur dengan terjungkil-jungkil hingga terlihat seperti pusing tujuh keliling.

BACA : Harga Terbaru Minyak Atsiri 2018

Cara Membuat Minyak Nilam

manfaat minyak nilam
daun nilam kering
BACA : Harga Terbaru Minyak Atsiri 2018

Oya, karena anda sudah membaca manfaat minyak nilam yang serba oke ini, barangkali terbersih di dalam benak anda untuk memiliki minyak nilam. Nah, perlu anda ketahui bahwa untuk memiliki minyak nilam tidak mesti beli, anda sendiri bisa membuatnya sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Rebus

Sediakan tanaman nilam, bersihkan dan masukan kedalam air ketel yang sudah ada airnya. Gunakan ketel yang stainless ya agar tidak terkena dampak karat. Nanti, uapnya dialihkan ke kondensor sehingga dapat dipisahkan antara uap minyak dengan air. Oya, untuk ketel bisa juga yang terbuat dari tembaga atau alumunium. Intinya bukan bahan karat.

2. Kukus

Kedua, anda juga bisa mengolahnya dengan cara kukus, hanya saja ada perbedaan dengan cara pertama yaitu pada cara kukus, anda harus memisahkan minyak nilamnya dengan air rebusannya sementara pada cara rebus, yang harus anda pisahkan adalah uap airnya. Bagaimana mudah kan?

READ  Manfaat Minyak Lintah Hitam Papua Asli dan Harga Terbaru
3. Penyulingan

Cara berikutnya melalui penyulingan. Hanya saja pada cara ini, anda membutuhkan ketel silinder dua buah dan pastikan alat tersebut stabil, agar stabil anda kudu memasang penahan panas semisal karung goni. Pun dengan pendinginnya yang berupa pipa spiral, harus terhindar dari karat. Tujuannya agar bisa mengubah uap jadi cairan sehingga dapat dipisahkan minyak dengan uap.

Nah, sekarang kalau anda sudah berhasil membuat minyak nilam, simpanlah minyak tersebut di tempat yang terjaga dari berbagai debu dan kotoran, umapanya di botol yang sudah streil. Oya, minyak ini juga akan semakin bertambah karakteristik wanginya jika umurnya semakin lama. Coba aja bedakan dengan minyak nilam yang baru disuling.

BACA : Harga Terbaru Minyak Kutus-Kutus 2019

Cara Menanam Tanaman Nilam

manfaat minyak nilam
cara menanam tanaman nilam
BACA : Harga Terbaru Minyak Kutus-Kutus 2019

Bagian terakhir dari pembahasan minyak nilam adalah cara menanam tanaman nilam. Anda tentunya kepo kan caranya? Terlebih jika anda termasuk orang yang greget bisa membuat minyak nilam sekaligus bisa menanam dan merawatnya. Uuh, kalau anda bisa semuanya, mungkin otak anda akan berfikir ke tahap berikutnya yaitu membisniskan minyak nilam ini.

Cara menanam tanaman nilam sebetulnya cukup mudah. Hal ini lantaran tanaman nilam dapat tumbuh di mana pun dengan berbagai tipe tanah seperti apa pun. Di tanah datar ia tumbuh, di tanah terjal juga demikian. Asalkan gembur, tanaman nilam dapat bertumbuh dan berkembang biak. Hanya saja, agar menghasilkan nilam terbaik, tanamlah di tanah yang ketinggiannya 700mdpl yang sinar mataharinya cukup tak terganggu.

Tentu saja anda juga harus memperhatikan faktor bibit unggul. Sebab bagaimana pun canggihnya anda menanam, di tempat sebagus apa pun, dan dengan perawatan seekstra apa pun, kalau ditanam dari bibit yang tidak unggul, jangan berharap hasilnya akan unggul. Demikian cara yang harus diperhatikan ketika hendak menanam tanaman nilam. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL PILIHAN:

Minyak Kutus Kutus Bali, Manfaat, Cara Menggunakan, Harga, Lengkap

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar