Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, No Terakhir Bikin Pengen Nikah

Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan – Rempah yang menjadi komoditi unggul Negara Indonesia ini mempunyai bau dan rasa yang sangat khas. Sejak zaman dahulu kala, cengkeh selalu menjadi rempah penambah rasa dan aroma pada masakan ataupun minuman. Cengkeh juga menjadi bahan pembuatan rokok kretek yang menjadi khas Indonesia serta menjadi obat – obatan tradisional yang di pakai oleh banyak negara.

Rempah ini merupakan bunga tanaman Syzygium aromaticum yang mempunyai hubungan kekerabatan dengan tumbuhan Myrtaceae. Pertumbuhannya banyak di daerah – daerah yang memiliki iklim tropis. Di Indonesia wilayah bagian timur cengkeh memiliki pertumbuhan yang pesat, ini terletak di daerah seperti : Maluku dan Maluku Utara

Khasiat yang terkandung di dalam cengkeh menjadikan rempah ini selalu diincar oleh banyak orang. Sejak abad ke 13 cengkeh sudah mulai di perdagangkan lintas negara. Ini berarti sudah tercatat sebagai barang komoditi international yang sudah di jual belikan. Bahkan sejarah mencatat bahwa datangnya para penjajah ke daerah Maluku dan Maluku Utara hanya untuk merebut dan mengeksploitasi cengkeh untuk di bawa dan diperdagangkan.

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat rempah ini sangatlah banyak, terutama dalam dunia kesehatan. Pasalnya, sebuah penelitian mengungkapkan bawah dalam kisaran 2 gram atau sekitar 1 sendok makan, cengkeh mempunyai kandungan kalori yang bernilai 21, serat dan karbohidrat dengan nilai 1 gram.

Selain itu cengkeh juga mempunyai kalium, mangan, kalsium, magnesium, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. semua nutrisi ini sangat baik untuk tubuh.

1. Mengobati Tukak Lambung

manfaat cengkeh

tukak lambung

Penyakit ini di sebabkan oleh penipisan lendir pada lambung atau yang dikenal dengan asam lambung.  Penyakit tukak lambung biasanya di pengaruhi dari stress dan infeksi.

Berdasarkan hasil studi, cengkeh ketika dikelola menjadi minyak mempunyai khasiat meningkatkan produksi lendir yang ada di lambung.  Sehingga fungsi lendir lambung akan bisa bekerja secara optimal untuk menghalang asam lambung dan mencegah luka yang terjadi karena cairan asam lambung.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat cengkeh

kekebalan tubuh

Pengobatan traditisioanal yang dilakukan oleh orang India, yakni pengobatan ayiverda, mampu membuktikan rempah ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh, ini disebabkan dari kandungan zat atau senyawa yang terkandung di dalam rempah ini. Selain itu juga, cengkeh mampu meningkatkan sel darah putih yang mempunyai peran penting dalam menjaga system kekebalan tubuh.

3. Anti Jamur dan Anti Bakteri

manfaat cengkeh

jamur di kepala

Cengkeh mempunyai kandungan eugenol yang mempunyai keefektiafan dalam mengatasi masalah penyakit kulit sepeti yang di sebabkan oleh cacing cicin. Inilah yang menyebabkan karena cengkeh mempunyai sifat antijamur. Di samping itu, rempah ini mampu melawan bakteri di dalam perut yang akan merusak serta kuman pada mulut.

Menurut hasil penelitian, vkandungan senyawa anti bakteri yang terdapat dalam cengkeh terbukti mampu mencegah dan mengatasi infeksi yang di picu oleh bakteri. Bagkan, penelitian di Universitas Karachi Pakistan menyimpulkan bahwa rempah ini mampu mengatasi bakteri gram negative yang bersifat mematikan.

BACA : Manfaat Minyak Jarak untuk Kulit dan Kecantikan

4. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat cengkeh

manfaat cengkeh untuk kesehatan tulang

Dalam sebuah penelitian, cengkeh terbukti mempunyai senyawa aktif yang berfungsi sebagai penjaga tulang serta meningkatkan kepadatan masa pada tulang. Mangan yang juga terkandung dalam cengkeh dapat membantu dalam proses pembentuk pada tulang. Ini menjadikan kita terhindar dari osteoporosis.

5. Menjaga Jantung

manfaat cengkeh

manfaat cengkeh untuk kesehatan jantung

Eugenol pada cengkeh bukan hanya melindungi dari bakteri saja, tetapi dapat mencegah pembekuan pada darah serta dapat membantu storke. Namun, terkait khasiat cengkeh untuk jantung, penelitiannya terkait hal ini masih dalam tahap perkembangan.

6. Mengobati Kanker Stadium Dini

manfaat cengkeh

cengkeh bisa mengobati paru-paru

Khasiat cengkeh yang satu ini mendapatkan banyak perhatian dari para ahli medis. Ini di sebabkan karena kandungan zat pada cengkeh yang memiliki efek kemoterapi. Ini berarti, cengkeh mampu menyembuhkan kanker stadium dini. Beberapa sumber mengatakan bahwa, tipe kanker yang dapat disembuhkan oleh cengkeh seperti : kanker paru – paru atau kanker organ pernafasan.

Selain itu kandungan antioksidan eugenol yang kaya mampu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Ini akan membantu mengambat pemicu terjadinya kanker. Vitamin C buah ini juga membantu menetralisir gerak radikal bebas. Dilaporkan bahwa, jenis antioksidan didalam cegkeh sangat efektif 5 kali lipat.

7. Menjaga Liver

manfaat cengkeh

mengobati liver

Kandungan antioksudan yang terkandung di dalam cengkeh memiliki sifat gepatoprotik atau senyawa yang mempunyai peran dalam melindungi organ hati. Di berbagai sumber mengatakan bahwa minyak cengkeh yang dikonsumsi secara teratur mampu memperkuat fungsional organ hati dan mengatasi masalah hati.

Pada riset lain mengatakan bawah, kandungan eugenol yang terdapat didalam cengkeh mampu membantu meredakan gejala sirosis hati. Di samping itu akan menurunkan kadar GST yang menjadi tanda gejala penyakit hati. tetapi tetap perlu di ingat bahwa, eugenol dalam dosisi tinggi dapat menjadi racun untuk hati.

8. Pengontrol Gula Darah

obat diabetes

cengkeh pengontrol gula darah

Hasil pengamatan pada efek ekstrak cengkeh dan nigericin telah ditemukan senyawa pada cengkeh. Senyawa ini baik untuk sel otot pada manusia ataupun hewan seperti tikus. Selain itu juga, cengkeh mampu menyerap gula yang ada di darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan juga meningkat fungsi sel – sel yang bekerja untuk insulin.

BACA : Buah-Buahan untuk Penderita Diabetes

9. Pereda Nyeri

manfaat cengkeh

manfaat cengkeh pereda nyeri

Dalam dunia obat tradisional, rempah ini terbukti mempunyai keampuhan dalam meredakan nyeri pada peradangan dan sakit gigi. Tetapi dalam dunia penelitian terkait hal ini, pengujiannya baru terbukti pada hewan, sedangkan pengujiannya yang satu ini pada manusia masih dalam tahap studi klinis.  

10. Peningkat Gairah Seksual

manfaat cengkeh

cengkeh peningkat gairah seksual

Penggunaan cengkeh sebagai salah satu jenis tanaman yang mampu menjadi peningkat gairah pada seksual sudah terkenal sejak jaman dahulu kala. Riset penelitian membuktikan, Zat aktif yang terkandung didalam cengkeh terbukti memiliki efek positif yang mempunyai kesamaan dengan obat – obatan perangsang dari bahan kimia. 

Sepuluh khasiat diatas mewakili banyak khasiat yang terkandung di dalam cengkeh. Namun, perlu di catat bahwa Sebelum dipakai untuk menjadi obat herbal, cengkeh juga mempunyai efek samping yang harus diperhatikan dalam pengkonsumsiannya. Sebab, efek samping akibat cengkeh dapat berupa : alergi, iritasi pada kulit dan gusi, gangguan pada hati dan bisa menjadi penghambat dalam obat pengencer darah.

Oleh sebab itu bagi pengkonsumsi cengkeh harus mempunyai banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang benar terkait takaran pada cengkeh dengan ukuran pas, tepat dan benar ketika ingin mengkonsumsinya. Ini akan meminimalisir akibat yang akan di timbulkan dari dosis yang belebihan.

Catatan lainnya adalah walaupun rempah ini sudah terkenal sebagai obat – obatan herbal yang mempunyai banyak khasiat, namun rempah ini masih perlu perkembangan dalam bidang penelitian untuk mendukung dugaan terkait hal tersebut. Jika anda ingin mengkonsumsi cengkeh sebagai obat herbal, baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter dan pakar herbalis.

Ditulis oleh : Nur Lie

BACA JUGA :

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan (BARU 2019)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.