Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Berbuat Baik Tak Pernah Menyesal

Agar dapat mengunjungi situs ini, harap matikan fitur Adblock saudara, ya!

1001 Kandungan dan Manfaat Buah Plum Untuk Ibu Hamil

/
85 Views

Buah Plum adalah buah yang biasa digunakan untuk diet. Buah yang berasal dari Cina ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional sehingga –terutama wanita- banyak yang mengkonsumsi buah ini. Manfaat buah plum juga sangat berarti untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, muncul pertanyaan apakah buah plum juga ramah untuk wanita hamil?

Sebagaimana kita tahu, wanita hamil harus selektif dalam makanan. Sebab ia harus memikirkan dampak positif dan negatifnya untuk kandungan. Pada tulisan ini, kami akan mengupas luar dalam buah plum. Sebelum terlalu panjang, sebaiknya kita pahami dulu bagaimana kandungan buah plum.

A. Kandungan Nilai Gizi Buah Plum

Buah plum memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh terutama untuk mengurangi kadar kalori. Jika ditakar, kira-kira setiap 100 g buah plum yang segar memiliki sejumlah kandungan nutrisi sebagai berikut:

√ 46 kcal-kalori
√ 42g-karbohidrat
√ 70g-Protein
√ 28g-lemak
√ 40g-serat
√ 5 – folat
√ 417mg-niasin
√ 135mg-Asam Pantotenat, 026mg-Riboflavin, 029mg-Pyridoxine, 028mg-Tiamin, 5 mg Vitamin C,26 mg-Vitamin E, IU 345 Vitamin A, 4g Vitamin K, 157mg-kalium, 1mg-natrium, 6mg-kalsium, 17mg-besi, 057mg-tembaga, 7mg-Magnesium, 16mg-fosfor, 052mg-mangan, 0g-Selenium,10mg-seng

BACA : Manfaat Kayu Ular yang Wajib Diketahui

Perlu kita ketahui, buah Plum atau Buah Prem ini memiliki banyak varian. Umumnya kita hanya tau dua jenis yaitu plum hitam dan plum merah. Kalau diolah, kadang bisa dibuat manisan dan juga bisa dijadikan plum kering. Lantas, apa manfaatnya buat ibu hamil. Penjelasannya adalah sebagai beriktu:

B. Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil

Sebagaimana yang kita jelaskan di atas, buah plum memiliki banyak kandungan seperti tembaga, kalium, vitamin C, citamin A, K1, serat makanan, vitamin B, magnesium, besi dan sebagainya. Tentu saja, kesemua kandungan itu sangat diperlukan oleh wanita hamil. Karena itu, buah plum sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Lebih detailnya, manfaat itu antara lain sbb:

1. Untuk Meningkatkan Memori Otak

Buah plum memiliki fungsi sebagai antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperbaharuai sel-sel yang rusak. Dengan diperbaharuinya sel-sel tersebut, nantinya akan berdampak positif untuk memori otak.

2. Untuk Diet Sehat

Buah plum juga memiliki manfaat untuk wanita yang lagi menjalani program diet. Pada beberapa kasus, wanita hamil juga menjalani diet. Nah, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga sangat positif untuk proses diet. Diketahui, kandungan kalori pada buah plum ada 30 kalori.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan karena lemak yang tinggi. Untuk menjaga normalisasi lemak, anda bisa mengkonsumsi buah plum yang rendah lemak ini. setiap buah plum, kadarnya kurang dari 1,2 lemak. Tentu saja hal ini sangat penting untuk tubuh.

4. Untuk Menyembuhkan Flu

Buah plum mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Hal ini karena vitamin C merupakan antioksidan yang bisa melindungi sel kulit dan flu. Dengan begitu, buah plum sangat berguna untuk ibu hamil.

5. Mencegah Kanker

Pada buah kulit buah plum (anthocyanin) memiliki fungsi mencegah kanker. Karena itu, anda sangat dianjurkan agar mengkonsumsi buah ini bersama kulitnya. Mengupas kulit buah ini merupakan tindakan kurang tepat yang dapat mengurangi potensi prem untuk memiliki dampak positif untuk kesehatan.

6. Mencerahkan Kulit

Salah satu nutrisi yang dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet adalah vitamin c. nah, untuk mendapatkan kandungan ini anda bisa mengkonsumsi buah plum. Sebab buah ini memiliki kandungan vitamin C sangat banyak. Dengan begitu, kulit anda akan tetap cerah sehingga tampak awet muda.

7. Mengobati Anemia

Lagi-lagi, selain untuk kulit vitamin C pada buah plum juga memiliki khasiat lain, yaitu meningkatkan penyerapan besi dalam pencernaan. Dengan begitu, nantinya memiliki dampak positif untuk menghindari dan mengobadi penyakit anemia.

8. Merawat Tulang

Pemulihan tulang dari osteoporosis bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah plum. Hal ini karena buah plum mengandung vitamin A. Setiap butir buah ini berisi 8% dari kebutuhan asupan vitamin A dalam tubuh.

9. Mengobati Sembelit dan BAB Tak Lancar

Peyebab sembelit atau tak lancarnya buang air besar karena kurangnya asupan gizi ke dalam tubuh. Selain menambah porsi buah-buahan dan sayur-sayuran, anda juga bisa melakukannya dengan mengkonsumsi buah plum yang mengandung seribu satu nutrisi positif.

C. Perbedaan Buah Plum Merah dengan Plum Hitam

Secara kandungan, sebetulnya tak berbeda antara buah plum merah dengan buah plum hitam. Sisi perbedaannya hanya terletak pada warna dan rasa saja. pada plum merah, rasanya lebih asam daripada buah plum hitam. Jadi, baik plum merah atau hitam, keduanya sangat penting untuk menopang kesehatan tubuh.

BACA : Manfaat Buah Pete untuk Kesehatan

Manfaat Plum Merah Untuk Ibu Hamil 

√ Buah plum merah bermanfaat untuk Jantung
√ Buah plum merah mencegah penyakit diabetes
√ Plum merah juga bermanfaat untuk diet rendah kalori
√ Buah plum merah bermanfaat untuk kekebalan tubuh
√ Buah plum merah Melindungi ibu hamil dari radikal bebas
√ Buah plum merah berguna bagi kesehatan usus dan sembelit
√ Buah plum merah bermanfaat menjaga kesehatan mata dan pembentukan sel darah merah.

Kandungan Buah Plum Kering

Plum (plum kering) mengandung lebih banyak kalori daripada buah plum segar-sekitar 300 kalori per 100g.

Kesimpulan Khasiat Plum Hitam dan Plum Merah untuk Ibu Hamil

1. Buah Plum Hitam dan Buah Plum Merah sama-sama meningkatkan penyerapan zat besi
2. Plum hitam dan merah bermanfaat mengatasi sembelit
3. Buah lum dapat melancarkan proses pencernaan
4. Buah plum Hitam dan Merah bermanfaat banyak untuk ibu hamil

Demikian sekelumit manfaat buah plum yang dapat kami sharingkan. Mudah-mudahan bermanfaat, ya.

BACA JUGA :

1001 Manfaat Rempah-Rempah Temu Kunci yang Tak Banyak Diketahui

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar