Tips Memilihkan Sekolah Bagi Putra-Putri Anda (Bunda Cerdas)

Tips Memilih Sekolah – Sebagai mamah muda, pastinya mom pernah menghadapi kebingungan ketika mencari sekolah untuk putra-putri kesayangan. Betul?

Hal ini sebenarnya wajar terjadi, karena sebagai orangtua, kita ingin yang terbaik untuk anak tersayang.

Terlebih lagi soal sekolah yang akan menentukan berkembang atau tidaknya kecerdasan dan kepribadian putra-putri mom.

Jika salah memilih akibatnya bisa fatal bagi masa depan putra-putri mom.

Lalu bagaimana agar tepat dalam memilih sekolah?

Jawabannya akan kita diskusikan dalam artikel kali ini ya mom, mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan jawaban bagi kegundahan momy-momy tersayang.

Tips Jitu Memilihkan Sekolah untuk Putra-Putri Anda

Sekolah adalah tempat anak kita menuntut ilmu, atau bahasa sederhananya adalah tempat belajar. Aktivitas di sekolah sejak masuk sampai pulang harus selalu mengandung proses pembelajaran.

Dengan kegiatan-kegiatan di sekolah yang terarah dan sistematis, anak-anak akan semakin cepat tumbuh dan berkembang baik dari aspek kognitif, sosial, motorik, emosi, bahkan aspek keagamaannya.

Mengacu pada hal tersebut, jadi yang perlu mom perhatikan ketika memilihkan sekolah diantaranya adalah hal berikut :

1. Visi Misi Sekolah

Pilihlah sekolah yang sudah memiliki kejelasan visi misi. Tidak sekedar itu saja, momy juga harus memastikan apakah sekolah tersebut memiliki kejelasan langkah atau tidak dalam meraih visi misinya.

Bukan hanya itu, langkahnya pun harus dilihat apakah sudah sejalan atau tidak dengan visi misinya, bukan sembarang langkah yang bahkan malah bersebrangan dengan visi misinya.

mengapa harus begitu?

Soalnya kesesuian langkah dengan visi ini sangat penting untuk pengembangan mutu sebuah sekolah. Jadi, jika momy sudah memastikan hal tersebut, sedikitnya momy sudah akan tergambar kualitas dari sekolah tersebut.

Bagaimana mungkin sebuah sekolah akan berkualitas baik jika visi dan misinya saja tidak diperhatikan.

Jika sudah mengamati visi dan misi sekolah, maka saatnya momy berdiskusi dengan si dady untuk menentukan sekolah yang sesuai dengan visi misi yang mom dan dad harapkan.

Selain itu, diskusi dengan pasangan juga penting untuk dilakukan, tujuannya untuk menimbang-nimbang dan memutuskan.

Ingat, perhatikan visi misinya, pelajaran dan kegiatan di sekolahnya pun perlu diperhatikan agar bisa dinilai sejalan atau tidaknya dengan visi dan misi sekolah tersebut.

Misal, mom ingin memiliki anak yang pandai dalam bidang musik, maka carilah sekolah dengan visi misi untuk pengembangan kecerdasan musikal pada anak dan jelas kegiatan di sekolah menunjang hal tersebut.

Atau mom ingin memiliki anak penghafal Qur’an, maka carilah sekolah dengan visi misi mencetak penghafal Qur’an dan kegiatan di sekolah jelas menunjang hal tersebut.

Agar bisa melakukan hal ini, mom memang harus siap berlelah-lelah dalam mengumpulkan informasi sekolah-sekolah. Biarlah lelah, tapi mom tergambar kualitas sekolah.

BACA : Sebab-Sebab Kenakalan Remaja yang Wajib Diketahui

2. Kemampuan Akademik dan Kepribadian Pendidik dan Staf Kependidikan

Setelah mom menimbang-nimbang aspek kualitas sekolah, naah saatnya mom menimbang-nimbang dari aspek SDM yang ada di sekolah tersebut. Kenapa hal ini mesti dilakukan?

Karena anak mom kelak akan menjalankan aktivitas rutin di tempat ini, interaksi di dalamnya akan banyak mempengaruhi perkembangan anak mom, termasuk kepribadiannya juga.

Jadi, jangan sekedar mencari sekolah yang bagus saja, tapi mom benar-benar harus memastikan SDM didalamnya pun berkualitas, berintegritas dan memiliki kepribadian yang baik.

Mom bisa perhatikan mulai dari kepala sekolahnya, guru-gurunya, dan staf kependidikan seperti bagian administrasi, satpam, cleaning service, dan lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah sikapnya. Apakah sikapnya itu mencerminkan individu-individu yang baik ataukah tidak. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana mereka berkomunikasi dan berinteraksi.

Bagaimana cara berpakaian, juga dari kedisiplinan dan kebersihan dirinya. Sesekali bunda bisa ngintip juga apakah kukunya pendek dan bersih atau sebaliknya. Kehadiran mereka disekolah sering telat ataukah tidak, dan lain-lain.

Selanjutnya perhatikan juga kemampuannya dalam melakukan pengajaran. Tidak ada salahnya jika mom bertanya tentang kualitas dan prestasi para guru di sekolah tersebut.

Bukankah akan menggembirakan jika anak mom dididik oleh guru-guru yang memiliki prestasi yang baik?

Selain itu, bagian yang juga penting adalah perhatikan apakah mereka mencintai dunia anak-anak ataukah tidak. Ini sangat penting karena akan menentukan kenyamanan putra-putri mom dalam belajar.

Setelah melakukan pengamatan mendalam, baiknya mom berdiskusi lagi dengan si dady dalam masalah ini.

Akan sangat memuaskan jika mom memutuskan setelah berpikir mendalam bahkan sudah melibatkan pasangan dalam pengambilan keputusan.

BACA : Cara Mendidik Anak Secara Islami

3. Biaya Sekolah

Ketepatan dalam melihat biaya sekolah adalah dengan melihat kualitas sekolah dan para pendidiknya.

Jika biaya sekolah tersebut mahal, namun kualitas sekolah dan para pendidiknya bagus, maka biaya mahal pastinya sebuah kewajaran. Sehingga mom jangan pernah ragu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Demi masa depan cemerlang sang anak.

Namun jika kualitas sekolah tersebut biasa saja, termasuk para pendidiknya pun tidak sesuai dengan standar yang sudah kita bicarakan di atas, maka biaya yang tinggi harus jadi pertimbangan mom.

Masalah fasilitas tentunya mom perlu lihat juga, tapi sekolah yang bagus tidak selalu bermula dari fasilitas sarana dan prasarana. Banyak bukti sekolah yang fasilitasnya belum memadai namun kualitasnya unggul dan berprestasi.

4. Testimoni Masyarakat

Tibalah saatnya mom bercakap-cakap dengan orang-orang di sekitar mengenai pandangan mereka tentang sekolah yang mom tuju.

Mom bisa melihat kepuasan mereka menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut, dapat dilihat langsung dengan bercakap-cakap, bisa juga melihat dari testimoni di websitenya atau di medsos dan lainnya.

Tidak hanya itu, mom juga bisa ngobrol dengan ibu kantin di sekolah tersebut tentang kualitas sekolah tersebut, bisa juga ngobrol dengan satpam, daan orang-orang yang bisa mom kulik infonya tentang kualitas sekolah.

Pokoknya di bagian ini, mom wajib kepo deh. Jangan malu untuk bawel bertanya, semata-mata untuk kebaikan putra-putri mom.

Waah, lumayan juga ya tugas mom dan dad dalam memilih sekolah. Memang memilih sekolah itu tidak mudah apalagi dalam kondisi yang serba meresahkan seperti saat ini.

Ada kekerasan dalam sekolah, ada penculikan, ada pergaulan bebas, aahhh.. masalah-masalah ini betul-betul meresahkan mom pastinya.
Karena itu, berhati-hatilah dalam mencarikan sekolah ya mom.

Ditulis Oleh : Sari Yulianti, M.Pd.I (cdt)

BACA JUGA : 

Cara Mendidik Anak Secara Islami II

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.