Cara Mengatasi Jenuh Agar Jadi Santuy Kembali

Cara Mengatasi Jenuh – Sebagai manusia biasa kita pun terkadang merasa jenuh atas semua rutinitas kita. Kita bosan sekolah, kita bosan kuliah, kita malas berangkat kerja, malas makan, bahkan untuk tidur pun kita malas.

Entah apa yang ada di perasaan kita, entah apa yang kita inginkan, entah kita mu apa, kita tak tahu semua itu. Kita hanya bisa berdiam diri, sulit dipahami, bahkan untuk sekedar menjawab sapaan teman aja kita malas.

Akhirnya kita coba menerawang ke dalam hati, apa kira-kira yang menjadi penyebabnya. Tapi bukannya kita menemukan jawaban malah kita semakin jenuh dan bosan. Bosan lagi dan lagi.

Dalam kondisi seperti ini, acapkali sebagian orang melampiaskannya ke narkoba, sek bebas, mabok dan sebagainya. Mungkin mereka mengira, dengan cara begitu mereka akan lupa segalannya dan ploong. Padahal, setehal semua itu dilalui ternyata rasa jenuh pun datang kembali. Sekarang anda jangan khawatir, kk punya tips mengatasinya.

Cara Ampuh Mengatasi Jenuh

1. Bersuci

air suci dan mensucikan

air untuk bersuci

Bersuci merupakan langkah pertama untuk mengembalikan rasa menjadi nol. Baik bersuci dengan cara mandi atau cara berwudhu, biasanya bisa berdampak pada perasaan hati yang sedang gundah.

Bukan sekedar bersuci, anda pun harus melakukannya dengan visualisasi senyaman mungkin sehingga setiap tetesan air yang mengalir di tubuh anda seolah membawa energi baru yang sangat menyejukkan.

Selain itu, anda juga harus membersihkan setiap sudut dan lekuk tubuh anda secara perlahan hingga benar-benar bersih dan wangi. (cara mandi benar agar kulit putih bersih baca di sini )

2. Tarik Nafas Sedalam Mungkin

mengatasi bosan

tarik nafas

Setelah melakukan mandi atau wudhu, sekarang menghadaplan ke sekitar pepohonan. Pandang kehijauan tersebut lalu tarik nafas melalui hidung. Terus hirup sampai mentok. Kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut. Lakukan berulang kali dengan cara memejamkan mata.

Kk yakin, Teknik ini bisa menurunkan semua rasa gelisah dan bosan yang menimpa adek-adek. Kalau adek-adek tak menemukan pepohonan hijau di sekitar rumah, silahkan cari tempat-tempat yang ada pepohonannya. Ini penting, tak bisa diganti dengan selain pohon.

3. Maafkan Diri Sendiri

mengatasi jenuh

maafkan

Manusia pasti memiliki salah baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. Terutama pada diri sendiri yang mungkin pernah tenggelam dalam dunia kelam, salah bergaul atau pernah melakukan sesuatu yang membuatnya menyesal tak terperikan, sekarang maafkanlah dirimu itu.

Bayangkan dihadapan anda adalah anda dan katakan padanya, “aku telah memaafkanmu”. Ulangi lagi kata-kata itu secara terus menerus hingga memberikan efek pada hormone-hormon dalam tubuh anda. bila perlu ulangi kata-kata itu sampai anda meneteskan air mata.

4. Mohon Ampun pada Tuhan

mengatasi jenuh

mohon ampunan

Kita harus sadar bahwa kita hanyalah sebutir pasir di pesisir pantai. Artinya, kita bukanlah manusia yang paling dekat dengan tuhan. Sebab di antara semua manusia, hanya orang-orang tertentu yang memiliki posisi dekat dengan tuhan.

Karena itu, kita harus senantiasa menyadari akan hinanya diri sehingga kita senantiasa berharap agar Tuhan sudi melirik kita yang degil penuh dosa. Ampuuuuuun…… merintihlah pada Sang Pencipta dengan kata-kata itu.

Mungkin saja sebagian orang tak percaya dengan Tuhan. Tetapi mesti ia sadari, bahwa merasakan ada kekuatan lain di luar kita merupakan perkara lumrah alias tabiat bawaan. Karenanya sungguh jumawa jika ada orang yang tak percaya Tuhan.

5. Berjalanlah

mengatasi jenuh

berjalanlah

Berjalan atau traveling termasuk cara yang sangat dianjurkan untuk menghusir kejenuhan. Cobalah anda berjalan ke tempat-tempat sejarah, tempat religi, tempat wisata atau tempat apa pun yang bisa membuat anda merasakan ada hal baru.

Jangan berputar-putar di satu tempat saja. carilah spot baru dan berjalanlah sendirian. Terutama laki-laki, berjalan sendiri merupakan cara tepat untuk menjaga posisi.

Mungkain pemandangan laut bisa jadi pilihan, sebab di sini ada banyak view yang membuat kita termenung. Di sana ada nelayan yang sedang mencari ikan, di sana ada anak-anak kecil yang sedang bermain di pesisir, di sana juga ada ombak, burung, awan dan angin.

Perhatikanlah….perhatikanlah bagaimana cara kerja system alam yang seimbang. Dari semua itu kita akan tahu bahwa dibalik semuanya, ada Sang Pencipta.

6. Menonton

mengatasi kejenuhan

nonton film

Jika anda bosan dengan rutinitas kerja eksakta, cobalah anda nonton film-film kreasi. Menurut kk ada banyak film yang bernuansa kreatifitas baik dalam dunia Pendidikan, social, budaya, bisnis dan sejenisnya.

Film-film ini acapkali menyuguhkan adegan lucu, adegan kreatif, pemikiran renyah, tingkah sederhana, ucapan rasional dan sebagainya.

Dengan begitu, kita akan memperoleh inspirasi terutama mengaktifkan imaginasi sehingga kita tidak melulu menghitung hidup sesuai rumus matematika.

Memberi misalnya, bagi sebagian orang mungkin jarang dilakukan. Hal itu karena dalam asumsinya berbagi akan mengurangi. Lain halnya dalam sebuah film kreatif. Kita akan saksikan bahwa berbagi tak akan mengurangi. Dengan demikian kita pun akan terpancing kesadarannya sehingga kita bisa meniru nilai-nilai yang terkandung di dalamnya (baca : keajaiban sedekah tiba-tiba ada duit di dompet)

7. Mendatangi Guru

menghilankan bosan

bersalaman dengan guru

Nah, terkait poin terakhir ini sudah sangat jarang dilakukan di jaman sekarang. Hmm…padahal kita pernah sekolah dasar, pernah sekolah smp, sma bahkan kuliah. Tapi, jaraaaaaang seklai kita ingat guru-guru kita yang pernah mengajari kita. Kita lupa guru sd, bahkan Namanya pun sudah raib.

Sekarang cobalah kunjungi mereka. Pasti anda akan menemukan energi baru yang menyegarkan. Jangan nguluk-nguluk ingin membawakan sesuatu, sekantong buah pun cukup untuk menemani silaturahim kita. Kk yakin, mereka pun akan senang jika muridnya datang.

Kk sendiri merutinkan agenda ini. setiap liburan datang, kk berkunjung ke guru-guru agar petuah ilmu terus didapat. Selain itu, keridhoan mereka pun amat kk harapkan.

Sungguh aktifitas ini memiliki dampak yang bisa dirasakan. Efek positifnya akan menemani langkah kita di masa depan.

Kk yakin, siapun yang berprofesi guru mereka akan senang jika diingat dan dikunjungi oleh muridnya. Sayangnya, pandangan murid agak berbeda. Ia merasa belum waktunya berkunjung ke guru karena merasa belum sukses. Tidaaaaaak adikkku…tidak begitu.

Justru kalau kita sering berkunjung maka kesuksesan pun segera kunjung. Beneran. Malah bisa jadi sebaliknya, mengapa kita belum sukses? Ternyata jarang mengunjungi guru.

Itulah kira-kira cara yang bisa adek-adek lakukan untuk mengusir jenuh. Cobalah lakukan tips tersebut agar hidup adek-adek semakin bergairah. Selain itu, rutinitas sehari-hari pun perlu dikrasikan. Misalnya tambahkan waktu untuk varian olah raga. Jangan itu itu terus.

Maksudnya kalau adek-adek rajin olah raga marathon, sekarang ganti dengan olah raga lain semisal memanah, berenang, berkuda atau flying fox yang memiliki nuansa alam. Demikian semoga bermanfaat, terima kasih!

Ditulis oleh : Ka Andi (IG: andibadrenreal)

BACA : Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.