Cara Hidup Sehat & Hemat Ala Pengantin Baru

Cara Hidup Sehat – Menjalani hidup bersama pasangan baru bukan tanpa rintangan sama sekali. Setiap langkah yang diambil harus didasarkan pada pertimbangan matang agar hasilnya tidak bumerang.

Sebagai contoh di satu sisi kita ingin hidup sehat yang menuntut asupan gizi yang baik, namun di sisi lain kita juga harus apik mengurus sirkulasi keuangan agar tidak kebobolan.

Waktu awal nikah, kk juga sempat bingun bagaimana mengatur pola agar seirama dengan pasangan. Sebab pola hidup kk waktu single sudah tidak compatible lagi dengan kondisi pasca pernikahan.

Kalau dulu kk bisa bebas makan seenaknya, jajan sesukanya dan pergi kemana pun bersama siapa pun. Semua itu baik-baik ajah.

Namun ketika kk nikah, tentu saja harus memerhatikan berbagai hal baik kesehatan, menghemat pengeluaran dan lain-lain. Apalagi ketika hamil, uhhh….bener-bener kudu teliti banget agar kesehatan tetap terjaga.

Cara Hidup Sehat dan Hemat Pasca Nikah

Sobat sekalian, kali ini kk akan sharingkan pengalaman kk tentang cara hidup sehat dan hemat pasca pernikahan.

Kk tekankan sekali lagi, tips hidup sehat ala mahasiswa yang dulu kk sharingkan sangat berbeda dengan pola hidup sehat pasca nikah. Nih ya, langkah-langkah praktisnya sbb :

1. List Kebutuhan Bulanan

hidup sehat

list kebutuhan

Langkah pertama untuk mengintegrasikan sehat dan hemat adalah menghitung kebutuhan bulanan mulai dari makanan, listrik, pulsa dan sebagainya.

Perhitungan ini harus detail sampai pada hal-hal kecil termasuk pengeluaran untuk bumbu-bumbu dapur.

Mengapa hal ini harus dilakukan? tujuannya agar kita bisa memperkirakan total pengeluaran sekaligus mampu menganggarkan untuk tabungan.

Selain itu, dengan cara ini juga kita bisa mengukur makanan-makanan sehat yang akan kita beli. Adapun soal waktu membelinya, sobat bisa lakukan harian atau mingguan.

Agar berjalan sempuran, sobat juga tentu kudu punya kulkas agar bahan-bahan dapur yang dibeli tidak mudah basi dan busuk.

2. Anggarkan untuk Saving

hidup sehat

menabung

Setelah dilist semua kebutuhan, langkah kedua sobat harus anggarkan untuk tabungan. Langkah ini sangat penting dan harus dilakukan sebelum semua kebutuhan dibeli.

Seringkali orang kehabisan uang tanpa disadari akibat tidak mendahulukan anggaran tabungan. Tahu-tahu uang sudah habis, padahal baru pertengahan bulan.

Kalau uang sudah habis bagaimana mungkin ia bisa survive untuk tetap hidup sehat. Emangnya mau beli apa? yang ada malah beli makanan-makanan yang tidak kaya nutrisi.

3. Empat Sehat Lima Sempurna Oriented

tips hidup sehat

4 sehat 5 sempurna

Kalau masih single, boleh lah jajan sesuka hati, tapi kalau sudah nikah sobat harus berorientasi pada konsep 4 sehat 5 sempurna.

Ketika sobat belanja misalnya, sobat harus memastikan betul bahwa belanjaan tersebut memenuhi unsur-unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Itu berarti sobat harus tahu mana belanjaan yang mengandung protein, karbohidrat, zat besi, vitamin dan sebagainya.

  • Karbohidrat

Soba tentu tahu asupan yang mengandung karbohidrat, ya misalnya nasi. Terkait yang satu ini, sobat juga jangan asal beli dengan berfokus pada harga murah.

Maksudnya, kita juga kudu lihat mana nasi berkualitas dan mana yang tidak.

Mohon maaf, nasi raskin misalnya, menurut min itu tidak layak kita konsumsi jika ingin hidup kita sehat. Apalagi sebagian berasnya suka ada yang hancur membentuk tepung. Ih nggak banged.

Selain nasi, sobat juga bisa memilih karbohidrat dari makanan lain agar tidak bosan. Misalnya makanan roti, singkong dan lain-lain. Sebab, kalau satu jenis kk khawatir nanti sobat bisa bosan.

  • Protein

Asupan berikutnya adalah protein yang bisa didapatkan dari lauk pauk. Nah, pada konteks ini upayakan konsumsi dari protein yang variatif.

Kalau sobat belanjanya per minggu itu berarti sobat harus belanja lebih dari satu jenis lauk pauk.

Sebagai catatan, kalau sobat beli ikan sebaiknya sobat sendiri yang memilih.

Terutama ikan laut, biasanya pedagang mengambil ikan yang udah agak bonto agar mereka tak rugi. Padahal ikan tersebut sudah tidak baik untuk kita.

Lantas apa ciri ikan laut yang bagus? sobat bisa lihat bagian insangnya, jika berwarna merah berarti masih segar. tetapi jika berwarna biru itu petanda sudah agak lama.

Sementara kalau sobat beli ikan tawar seperti ikan mas, ikan lele, ikan bujair, belut, ikan sidat dan sebagainya, sobat tak perlu khawatir karena ikan-ikan ini dijual dalam keadaan hidup.

Tentu saja kualitasnya juga sangat bagus. Pada tulisan manfaat ikan bujair, kk sudah jelaskan kandungan nutrisinya dan efeknya untuk kesehatan. Silahkan merujuk ke sana.

  • Vitamin

Selain protein dan karbohidrat, sobat juga kudu melengkapi menu makan sehari-hari dengan vitamin. Untuk mendapatkannya sobat harus membeli buah-buahan.

Bisa buah pepaya dengan berbagai jenisnya, bisa buah pisang seperti pisang barangan, bisa juga jeruk, mangga dan sejenisnya.

Asupan nutrisi dari buah-buahan ini seriiiing banget terabaikan. Kk nggk tahu kenapa pasangan yang baru nikah kurang rajin menyediakan nutrisi ini. Padahal buah-buahan ini sangat penting untuk kesehatan janin.

Terbukti, pada beberapa orang yang mengalami kesulitan hamil, ternyata bisa diatasi oleh konsumsi buah-buahan tertentu seperti buah kurma muda, buah zuriat, buah plum dll.

  • Zat Besi

Zat besi sangat diperlukan tubuh. Akibat kekurangan zat ini, tubuh tidak dapat memproduksei hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Akhirnya, sistem tubuh pun akan terganggu dan lambat laun akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Agar asupan zat besi memadai, sobat bisa makan kacang-kacangan, sayur bayam, kentang, hati ayam dan lain-lain.

Setelah nutrisi-nutrisi ini sobat penuhi, terakhir sobat harus menyempurnakannya dengan air bening. Batas minimal yang harus masuk ke tubuh sobat yaitu 8 gelas per hari.

Karena batas minimal, itu berarti sobat tidak boleh kurang dari 8 gelas per hari.

4. Hindari Stress

cegah stress

hindari stress

Namanya juga pengantin baru yang baru belajar, tak heran jika proses stabilisasi pun maju mundur.

Terlebih lagi pasangan yang belum mapan secara ekonomi, cepat atau lambat mereka akan melalui suatu fase dimana mereka akan sedikit stress menghadapinya.

Selain itu, kondisi jenuh pun harus dihindari. Kalau kondisi ini menimpa sobat, sobat harus segera mengatasinya agar tidak berlarut-larut yang bisa berdampak buruk pada kondisi psikis pasangan.

Tentu saja ada sekian cara mengatasi jenuh yang bisa sobat lakukan. Tetapi sebaiknya sobat pilih yang seiya sekata bersama pasangan.

5. Traveling

suami istri

pasangan suami istri samawa

Agar hidup sehat dan menyala-nyala, sobat juga perlu menjadwalkan agenda ini. meskipun hanya sekedar jalan-jalan keliling danau, hal itu bisa berdampak positif untuk pikiran dan kejiawaan suami istri.

Sepanjang penglihatan kk, dari sekian pasangan suami istri yang kaku dan jarang komunikasi ternyata salah satu faktornya gara-gara jarang traveling.  Why?

Menurut para traveler, jalan-jalan itu cara terbaik untuk mengenali karakter yang belum nampak dari pasangan hidup.

Melalui plesiran ini, kita akan tahu kepekaan dia, kecekatan dia, perhatian dia, murah hati dia, sifat pemaaf dia termasuk pengorbanan dia.

6. Olah Raga

tubuh sehat

olah raga

Setelah kita mengoptimalkan asupan nutrisi, kita juga musti rajin berolah raga. Tujuannya agar tubuh kita ideal, sehat dan pembakaran berbagai nutrisi dalam tubuh pun berjalan dengan optimal.

Pun dengan jenis olah raganya. Upayakan beragam. Tidak itu-itu mulu. Sobat bisa berlari, berenang, memanah, berkuda bahkan fitnes dan senam jumba. Wow! pokoknya harus ada jadwal ini!

7. Belajar Bersama

hidup sehat

belajar bareng

Nah tips terakhir ini jangan kira tidak berdampak pada kesehatan. Ingat, kesehatan fisik itu tergantung dengan kesehatan fikiran dan kesehatan fikiran tergantung pada pengoptimalan daya pikir otak yang kita miliki.

Itu berarti semakin sering otak digunakan maka akan semakin sehat. Sebaliknya jika otak jarang digunakan untuk berfikir maka fisik akan mudah menua dan pikun.

Salah satu cara memfungsikan otak adalah dengan belajar. Daaaan, belajar terbaik dan terseru adalah berlajar bersama pasangan suami istri. Beneran. Coba aja kalau nggak percaya. Hehe….kk udah praktekkan ituuh.

Demikian ketujuh tips hidup sehat dan hemat untuk pasangan yang baru nikah. Semoga bermanfaat ya….byeeee

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.