Khasiat Buah Pepino Ungu untuk Kesehatan | Geleng-Geleng Kepala

Khasiat Buah Pepino Ungu – Sobat pasti jarang sekali dengar nama buah ini, pepino. Namanya lucu ya. Dekat sama pinokio.. haha, mimin nguawuur. Buah pepino ini nama latinnya adalah Solanum Maricatum atau disebut juga buah melodi, termasuk famili terong-terongan. Buah ini ditanam di dataran tinggi.

Konon katanya, berasal dari Belanda dan bisa sampai ke Indonesia ketika jaman penjajahan Belanda. Karena itu, buah ini disebut juga buah turis. Di Cina, sedang ada pengembangan obat sariawan dan pereda gangguan sembelit dengan bahan dasar buah pepino ini. Di Amerika, buah ini adalah super fruit karena besarnya kandungan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya.

Di Indonesia, buah ini masih jarang dikenal karena banyaknya hanya didaerah pariwisata dan supermarket khusus buah saja. Penyimpanan buah pepino tahan selama 4 hari dalam kondisi sudah matang.

Berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, kandungan yang terdapat dalam buah ini adalah asam, vitamin C, protein, beta karoten dan serat pati. 95% zat dikandungnya adalah air, sehingga sangat rendah lemak. Setiap 100gr buah ini mengandung vitamin C 25,1 mg, beta karoten 26,6 mg, protein 0,6 gr, dan asam 79,3 mg.

Bentuknya seperti mentimun lonjong runcing, dengan tekstur seperti terong, daging buahnya lembut. Ada juga yang bentuknya lonjong bulat seperti buah apel. Bagian kulit, daging buah, dan bijinya dapat dimakan semua.

manfaat buah pepino

buah pepino matang

Daging buahnya mempunyai aroma khas dan banyak mengandung air, rasanya segar, tidak asam dan tidak terlalu manis. Seperti buah melon atau blewah. Jika hendak memakan, sobat dapat memilih yang berwarna gelap keemasan, aromanya manis, dan keras.

Selain dikonsumsi biasa, bisa juga diolah sebagai bahan baku salad atau pelengkap sajian masakan daging dan sayuran. Bisa juga diolah menjadi jus dengan ditambah madu, susu, dan gula. Bisa juga dikombinasi dengan buah lainnya.

BACA : Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Kasiat Buah Depino Ungu untuk Kesehatan

manfaat buah pepino

buah pepino

Buah ini bermanfaat untuk kesehatan diantaranya dapat menyembuhkan stroke, darah tinggi, maag, sembelit, dan diabetes melitus. Berikut mimin berikan penjelasan.

1. Meningkatkan Stamina

Meningkatkan stamina adalah salah satu khasiat buah pepino, karena kandungan air dan vitamin C yang sangat berlimpah. Sistem kekebalan tubuh dapat dijaga juga dengan melimpahnya vitamin C di buah ini, sehingga dapat menyehatkan stamina tubuh. Cina juga sudah mengeluarkan produk herbal dengan bahan baku pepino dan sudah dijual juga di Indonesia.

2. Obat Sariawan dan kanker

Mineral yang terkandung pada buah pepino ini adalah zat besi, seng, tembaga, mangan, kalsium dan fosfor. Tembaga dan seng adalah mineral antioksidan. Vitamin C yang terkandung didalamnya berfungsi untuk mencegah sariawan dan memelihara kesehatan gusi. Selain itu berfungsi juga untuk melawan radikal bebas sehingga dapat membuat awet muda.

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat masuk melalui makanan gorengan atau panggang. Keberadaannya dalam tubuh sangat berbahaya karena berpotensi menyumbat pembuluh darah.

3. Menurunkan Kolesterol

Serat pangan yang terkandung dalam buah pepino dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Serat dapat mengikat asam empedu dan dikeluarkan bersama tinja. Semakin tinggi konsumsi serat maka asam empedu dan lemak akan semakin banyak dikeluarkan.

Serat juga berguna memperpendek transit time yaitu waktu yang dibutuhkan makanan untuk dikeluarkan menjadi feses sejak dari dimakan. Serat juga dapat mengikat karsinogenik atau penyebab kanker. Pendeknya transit time membuat waktu zat karsinogenik berada dalam tubuh menjadi sebentar sehingga tidak membahayakan tubuh.

Selain itu, serat berguna juga untuk mencegah penyakit diabetes, jantung, stroke, kanker, dan penyakit kardiovaskular lain.

BACA : Buah Merah Papua Paling Misterius

4. Meningkatkan kualitas penglihatan, reproduksi dan metabolisme

Buah pepino ini sebagai sumber betakaroten yaitu provitamin A yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Berguna bagi peningkatan kualitas penglihatan, reproduksi, dan metabolisme. Betakaroten penting juga untuk mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Bersama antioksidan vitamin E dikenal sebagai unsur pencegah kanker, terutama kanker kulit dan paru. sehingga mengkonsumsi buah ini dapat memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

manfaat buah pepino

kebun buah pepino

Wah, manfaatnya luar biasa dahsyat ya, sob. Jadi ingin segera searching di market buah nih.

BACA JUGA : 

Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan Menurut Penelitian Ilmiah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.